Text
Implementasi Punishment Menghafal Surat Pendek untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Mi Alkhalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan
Kata Kunci : Implementasi, Punishment, Kedisiplinan.
Dalam suatu lembaga pendidikan, tentunya memiliki berbagai macam
punishment yang nantinya akan diberikan kepada siswa yang melanggar peraturan
madrasah. Punishment yang diberikan kepada siswa haruslah mengandung unsur
edukatif, hingga nantinya siswa akan mendapatkan hikmah ataupun pembelajaran
melalui punishment yang mereka terima, seperti halnya punishment yang
diterapkan di MI Alkhalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Namun
kebanyakan guru yang ada masih belum sepenuhnya menerapkan jenis
punishment edukatif bagi anak didiknya.Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama,
Bagaimana implementasi punishment menghafal surat pendek dalam
meningkatankedisiplinan siswadi Madrasah Ibtidaiyah Alkhalili Sumber Bungur
Pakong Pamekasan; kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendorong
implementasi punishment menghafal surat pendek dalam peningkatan
kedisiplinan siswadi Madrasah Ibtidaiyah Alkhalili Sumber Bungur Pakong
Pamekasan; ketiga, Bagaimana tingkat kedisiplinan siswa setelah dilakukan
punishment menghafal surat pendek di Madrasah Ibtidaiyah Alkhalili Sumber
Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga
dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai
bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru diMadrasah
Ibtidaiyah Alkhalili Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Sedangkan untuk
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan,
peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Implementasi Punishment
menghafal surat pendek ditujukan kepada seluruh siswa yang melanggar peraturan
madrasah dengan menghafal surat-surat pendek di depan kelas. (2) Faktor
pendorong implementasi punishment menghafal surat pendek tersebut adalah
adanya program tahunan madrasah yakni menghafal surat-surat pendek tertentu,
dukungan orang tua, adapun faktor penghambat diantaranya ada beberapa siswa
yang masih belum fasih membaca Al-Qur’an dan sedikit mengganggu KBM di
jam pertama. (3) tingkat kedisiplinan siswa setelah dilakukan punishment
menghafal surat pendek yakni kedisiplinan siswa di MI Alkhalili Sumber Bungur
Pakong semakin meningkat, dibuktikan dengan siswa yang senantiasa mematuhi
aturan yang ditetapkan di madrasah
Tidak tersedia versi lain