Text
Peran Sekolah Luar Biasa Dalam Membentuk Sikap Sosial di SLB Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: SLB, Sikap Soisal, ABK
Sekolah merupakan institusi formal pendidikan untuk belajar dan
mengajar para siswa serta tempat menerima dan memberi pelajaran yang
berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para siswa. Anak
berkebutuhan khusus (ABK) memiliki tingkat kekhususan yang amat beragam,
baik dtinjau dari segi jenis, sifat kondisi atau kebutuhannya. Namun, tercatat
bahwa kebutuhan anak-anak berkebutuhan khusus dan keluarganya masih banyak
yang terabaikan selama bertahun-tahun hingga saat ini. oleh karena itu, sangat
diperlukan dukungan dari berbagai pihak terutama Sekolah ataupun lembaga
sebagai pelaksana dalam memberikan pelayanan sosial.
Fokus dalam penelitian ini adalah mendskripsikan peran SLB Tlanakan
dalam membentuk sikap sosial ABK, faktor penghambat serta pendukung SLB
Tlanakan Pamekasan dalam membentuk sikap sosial anak berkebutuhan khusus
yang menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif
Pendekatan ini merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis untuk
mengamati peran sekolah luar biasa dalam membentuk sikap sosial anak
berkebutuhan khusus di SLB Tlanakan Pamekasan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran SLB
Tlanakan adalah berupaya memberi pelayanan dan pembinaan dalam membentuk
sikap sosial pada siswa ABK khususnya dalam bidang keagamaan dan
meningkatkan potensi (skill) ABK guna mengembangkan dan melatih potensi
yang ada pada siswa ABK di SLB Tlanakan. Hasil penelitian pelaksanaan
penilaian sikap sosial pada anak berkebutuhan khusus di SLB Tlanakan
Pemekasan, yang dilakukan oleh gru dengan cara melakukan pengamatan secara
langsung dan konsisten. Kemudian para guru mengidentifikasi hal-hal yang
berhubungan dengan sikap sosial sesuai dengan masing-masing indikatornya,
seperti halnya indikator sikap jujur, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, sikap
toleransi dan sikap gotong-royong. Untuk memudahkan guru mengetahui
perubahan sikap sosial yang terjadi pada siswa ABK berupa pemberian tugas.
Peneliti memberi saran agar sekolah sering melakukan pelatihan untuk guru SLB
Tlanakan Pamekasan guna meningkatkan kompetensi guru dalam pendidikan anak
berkebutuhan khusus untuk membentuk sikap sosial mereka
Tidak tersedia versi lain