Text
Strategi guru IPS dalam mengembangkan ranah afektif siswi kelas VII di SMP Plus An-nur Akkor Palengan Pamekasan
Kata Kunci : Strategi, Ranah Efektif, IPS
Pembelajaran sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan pendidikan
dilaksanakan dengan mengacu pada standar proses pendidikan yang tercantum di
dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP). Khusus pembelajaran Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) harus memperhatikan pengembangan menyeluruh
aspek siswa, yaitu aspek jasmani, akal dan rohani. SMP Plus AN-NUR Palengaan
dalam pembelajarannya termasuk kategori yang sangat baik, akan tetapi guruguru masih ada kesulitan dalam hal mengembangkan ranah afektif pada siswi,
sehingga berkaitan perasaan, emosi, suasana hati yang berupa rasa sedih, gembira,
senang, takut, cemas dan lain sebagainnya.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dua persoalan pokok, sehingga
menghasilakan fokus penelitian. Pertama, Bagaimanakah strategi guru IPS dalam
mengembangkan ranah afektif dalam pembelajaran IPS pada siswi kelas VII di
SMP Plus An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan; Kedua, Apa saja faktor
pendukung dan faktor penghambat strategi pengembangan ranah afektif dalam
pembelajaran IPS pada siswi kelas VII di SMP Plus An-Nur Akkor Palengaan
Pamekasan; Ketiga, Apa dampak dari strategi guru IPS dalam mengembangkan
ranah afektif dalam pembelajaran IPS pada siswi kelas VII di SMP Plus An- Nur
Akkor Palengaan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi
penelitian di SMP Plus An-Nur Akkor Palengan Pamekasan, sehingga penggalian
data dalam penelitiaan ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu memahami fenomena tentang
apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi
yang bertujuan untuk menganalisa dalam setiap aspek untuk mendalami fokus
penelitian dan untuk mengungkapkan secara terperinci dan jelas.
Peneitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan Pertama, Strategi guru IPS
dalam mengembangkan ranah afektif dalam pembelajaran IPS pada siswi kelas
VII di SMP Plus An-Nur Akkor Palengaan Pamekasan adalah dengan metode
reseptif dengan menggunakan media dan ceramah; Kedua, Faktor pendukung
dalam strategi pengembangan ranah afektif dalam pembelajaran adanya fasilitas
dan buku bantuan, sedangkan faktor penghambat, yaitu Perbedaan karakter, Pasif
dalam pembelajaran , dan Daya serap siswa yang tidak sama dari setiap individu;
Ketiga, Dampak dari strategi adanya rasa empati dan sikap dan konsep diri,
ketidak siapan siswa dalam niat dan kurangnya minat dalam diri seorang siswa.
Tidak tersedia versi lain