Text
1, Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kegiatan Sosial, Sekolah MTs.
Pendidikan karakter menjadi isu yang sangat menarik terkhusus dalam
dunia pendidikan. Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan
Sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamtan Camplong Kabupaten Sampang ini
sebagai jawaban atas keresahan orang tua dan juga pendidikan secara global
sebagai keberhasilan pembentukan karakter bangsa. Berdasarkan hal tersebut, ada
tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, Bagaimana implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan
sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang;
kedua, Kendala apa saja yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter
siswa melalui kegiatan sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong
Kabupaten Sampang; ketiga, Bagaimana solusi untuk mengatasi kendala dalam
implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan sosial di MTs Nazhatut
Thullab Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS,
dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam
penelitian ini ialah menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter
Siswa Melalui Kegiatan Sosial di MTs Nazhatut Thullab Kecamatan Camplong
Kabupaten Sampang dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan
pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan juga terstruktur. Kegiatan
tersebut meliputi senyum/salam sapa, membersihkan lingkungan kelas, berbaur
dengan teman-teman, sumbangan berkah acara maulid nabi, nilai-nilai karakter
yang dihasilkan seperti tanggungn jawab, kejujuran tersebut perlu ditanamkan
disekolah. Kendala yang menjadi penghambat dalam mengimplementasikan
pendidikan karakter faktor internal dan eksternal serta kurangnya kesadaran orang
tua akan pentingnya pendampingan terhadap perkembangan anak. Solusi untuk
mengatasi kendala diatas adalah perlu membantu perkembangan kepemimpinan
moral bersama dan dukungan jangka panjang terhadap insiatif pendidikan
karakter peserta didik dan melibatkan anggota keluarga dan masyarakat sebagai
mitra dalam upaya pembangunan karakter.
Tidak tersedia versi lain