Text
Implementasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw 2 Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Pada Hewan Kelas 4 di SDN Teja Timur 4
Kata Kunci: Metode jigsaw, pembelajaran IPA, Metamorfosis pada Hewan
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan Pendidikan dan sumber
belajar. Salah satu komponen pembelajaran yang penting adalah penggunaan metode yang
tepat. Karena metode yang tepat akan memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada
siswa terutama metode berbasis kooperatif. Dan pembelajaran yang baik digunakan yaitu
pembelajaran IPA dengan materi mertamorfosis pada hewan.
Ada dua fokus yang menjadi kunci pokok dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana
Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw 2 pada pembelajaran IPA materi
metamorfosis pada hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4. Kedua, Bagaimana hasil model
pembelajran kooperatif tipe Jigsaw 2 pada pembelajaran IPA materi metamorfosis pada
hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4. Ketiga, Apa saja faktor penghambat dan pengdukung
implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA materi
Metamorfosis pada hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.
Untuk mendapatkan informasi yang menggambarkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 2.
Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas 4 dan siswa-siswi kelas
4. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta cara yang digunakan dengan
menggunakan trianggulasi.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Implementasi model kooperatif Tipe Jigsaw 2
pada pembelajaran IPA materi metamorfosis pada hewan kelas 4 Di SDN Teja timur 4.
Pertama, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 2 disini sangat bagus
diterapkan, sebelum saya menerapkan model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw 2 ini anakanak banyak sekali tidak memperhatikan gurunya. Karena gurunya sering melakukan model
pembelajaran yang kurang menarik jadi anak-anak sangat bosan sekali, siswa kadang tidak
memperhatikan gurunya. Kedua, Bagaimana hasil model pembelajran kooperatif tipe Jigsaw
2 pada pembelajaran IPA materi metamorfosis pada hewan kelas 4 di SDN Teja timur 4 dapat
diberitahukan bahwa pada nilai pembelajaran siswa di sekolah yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 2 sangat bagus sekali. Ketiga, faktor penghambat dari
model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw ini suasananya tidak kondusif dan faktor
pendukungnya bagus sekali disaat diterapkan karena semua siswa memberi kesempatan
kepada teman lainnya. Maka disini peneliti menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw 2
dikarenakan dalam pembelajaran sangat baik digunakan untuk siswa-siswi. Dibandingkan
dengan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 60% dan menggunakan metode
kooperatif tipe jigsaw 2 yaitu 90%, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw 2 ini sangat meningkat di SDN Teja Timur 4
Tidak tersedia versi lain