Text
Peran Guru IPS dalam Membentuk Karakter Pluralis Siswa Kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan Camplong
Kata kunci: Peran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Karakter Pluralis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru IPS dalam Membentuk
Karakter pluralis Siswa kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan
Camplong..Pembentuk karakter pluralis siswa dapat dilakukan pada salah satu
mata pelajaran IPS yang didalamnya mempelajari mengenai Pluralis masyarakat,
masalah-masalah sosial, nilai-nilai sosial, dan toleransi terhadap sesama dalam
kehidupan bermasyarakat.Dengan demikian Pluralis juga membahas mengenai
sikap menghargai, mengakui serta toleransi dengan perbedaan keberagaman suku,
budaya, agama dan bahasa agar tercipta hidup yang toleran dan bijaksana serta
rukun.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu:
pertama, bagaimana peran guru IPS dalam membentuk karakter pluralis siswa
kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan Camplong;kedua, bagaimana bentuk
karakter pluralis siswa kelas VIII di SMP Nazhatut ThullabPrajjan Camplong;
ketiga, apa saja kendala dan solusi guru IPS dalam membentuk karakter pluralis
siswa kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab Prajjan Camplong. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif.Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.Informan dalam penelitian ini adalah guru pengajar IPS dan peserta
didik kelas VIII.Sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam
penelitian ini ialah menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, guru IPS memilki peran dalam
membentuk karakter siswa kelas VIII di SMP Nazhatut Thullab prajjan camplong
seperti mengarahkan dan membina peserta didik di dalam kelas sehingga tercipta
karakter yang baik. Kedua, bentuk karakter pluralis kelas VIII yaitu pertama guru
mengarahkan peserta didik untuk menggunakan bahasa indonesia dalam
komunikasi di dalam kelas karena disebabkan siswa di dalam kelas tersebut
berasal dari daerah yang berbeda, bentuk karakter pluralis yang dilakukan oleh
guru di dalam kelas melalui materi pelajaran IPS,serta membimbing, membina
sikap siswa di dalam kelas agar tercipta karakter yang baik. Ketiga, kendala guru
dalam membentuk karakter pluralis diantaranya adalah suasana tidak kondusif di
dalam kelas dan beberapa siswa menggunakan bahasa daerahnya sehingga
membuat siswa lainnya tidak mengerti.
Tidak tersedia versi lain