Text
Pemanfaatan barang bekas menjadi media kolase untuk meninggkatkan kreatifitas siswa kelas vii dalam pembelajaran ips di mts sabilul muttaqien desa buddagan kecamatan pademawu pameksan
Kata Kunci: barang bekas, media kolase, kreatifitas
Barang bekas adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak
berharga untuk maksud: biasa atau utama dalam pembuatan atau pemakaian
barang rusak atau bercacat. Barang bekas adalah suatu bahan yang terbuang atau
dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum
memiliki nilai ekonomis. Barang bekas adalah sesuatu yang tidak berguna lagi,
dibuang oleh pemiliknya atau pemakai semula. Barang bekas adalah sumber daya
yang tidak siap pakai.
Sedangkan media kolase adalah Kolase adalah sebuah teknik menempel
berbagai macam unsur ke dalam satu frame sehingga menghasilkan karya seni
yang baru. Dengan demikian, kolase adalah karya seni rupa yang dibuat dengan
cara menempelkan bahan apa saja ke dalam satu komposisi yang serasi sehingga
menjadi satu kesatuan karya.
Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau
menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum dikenal
ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi.Kreativitas dapat muncul dari
pemikiran yang didasari untuk memecahkan suatu masalah.Manusia yang kreatif
adalah manusia yang memiliki gambaran suatu sikap baru, pandangan baru,
konsep baru, dengan kreativitas sesorang dapat menghasilkan barang- barang
yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, media kolase dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan kreativitas siswa, karena dengan
menggunakan media kloase ini, selain belajar siswa dapat terhibur karena mereka
sangat atusias dengan metode kloase ini. Kedua, Setiap metode pasti mempunyai
kelebidah dan kekurangan. Begitu pula dengan penggunaan media kloase ini,
adapun kelebihan dalam menggunaakn media kloase ini adalah sebagai berikut:
barang yang digunakan mudah di dapat, melatih kreatifitas siswa, proses belajar
mengajar menjadi tidak membosankan. ketiga Dengan mengunakan media kloase
ini, sangat mengguntungkan kedua dua sisi yaitu siswa dan guru. Pada ssiwa
menggunakan media kolase minat siswa untuk mengikuti pelajaran yang sedang
berlangsung sangat tinggi, karena siswa berperan secara langsung untuk
menemukan inti pembelajaran dengan menggunakan media kolase. Pada sisi guru
yaitu dapat mentrasfer pelajaran sesuai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
dengan mudah, karena siswa lebih tertarik pada media kolase dibandingkan
dengan metode-metode yang lain.
Tidak tersedia versi lain