Text
1, Penggunaan Modul Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII DI MTs Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan,
Kata Kunci : Penggunaan, Modul, IPS.
Dalam proses belajar-mengajar, pendidik pada suatu mata pelajaran
tertentu pasti menggunakan media pembelajaran guna mempermudah dalam
mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didik serta lebih menjamin
kesuksesan pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan
yakni modul pembelajaran sebagaimana yang digunakan oleh guru IPS di MTs
Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Namun sejauh ini mayoritas guru
menggunakan media pembelajaran yang cendrung monoton, tidak efisien dan juga
tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian belajar anak
didiknya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana penggunaan modul
sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas
VIII di MTS Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan; kedua, Apa saja
kendala dan solusi dalam penggunaan modul sebagai media pembelajaranpada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTS Riyadul Ulum
Bicorong Pakong Pamekasan; ketiga, Bagaimana implikasi penggunaan modul
sebagai media pembelajaran IPS bagi siswa dikelas VIII di MTS Riyadul Ulum
Bicorong Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga
dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai
bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di MTs
Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan
ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Modul pembelajaran digunakan
oleh pendidik sebagai media pembelajaran di MTs Riyadul Ulum Bicorong untuk
mentransfer materi pelajaran kepada anak didik pada mata pelajaran IPS. (2)
Kendala dalam penggunaan modul sebagai media pembelajaran ini diantaranya
interaksi antar siswa dirasa semakin berkurang, kurangnya skill yang dimiliki oleh
pendidik IPS lainmaupun guru-guru lainnya, sebagian siswa kurang disiplin
sedangkan solusi atas kendala tersebut diantaranya guru IPS dalam proses
pembelajaran menjadwalkan kegiatan berkelompok, guru juga memberikan
tenggat waktu penyelesaian modul serta kepala sekolah senantiasa mengadakan
pelatihan-pelatihan dalam meningkatkan kualifikasi guru di MTs Riyadul Ulum.
(3) Implikasi penggunaan modul sebagai media pembelajaran bagi siswa yakni
berpengaruh pada meningkatnya motivasi belajar siswa serta hasil belajar yang
diperoleh siswa pada mata pelajaran IPS
Tidak tersedia versi lain