Text
implementasi permainan menara angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia dini di RA Perwanida Brawijaya Pamekasan
Kata Kunci : Menara Angka, Kemampuan Berhitung, RA Perwanida
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena menarik yang peneliti temukan di RA Perwanida dalam kegiatan pembelajaran yakni permainan menara angka dengan kemampuan berhitung. Sehingga memudahkan anak untuk mengenali angka-angka dari angka 1-10, mampu menulis angka dengan benar secara mandiri dan menyebutkan angka sesuai dengan angka. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu pertama, Bagaimana penerapan permainan menara angka untuk merangsang kemampuan berhitung anak usia dini di RA Perwanida Pamekasan; kedua, Bagaimanakah manfaat kemampuan berhitung menara angka terhadap perkembangan kemampuan berhitung anak di RA Perwanida Pamekasan; dan ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan permainan menara angka terhadap anak di RA Perwanida Pamekasan. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahuiimplementasi permainan menara angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia dini Di RA Perwanida Brawijaya Pamekasan, berikut faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru kelompok A. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelompok A2 yang berjumlah 15 anak. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,Penerapan permainan menara angka untuk merangsang kemampuan berhitung anak usia dini di RA Perwanida Pamekasan dilakukan dengan cara guru menyanyikan terlebih dahulu sembari didengarkan oleh anak dan anak mengikuti. Kemudian menjelaskan tentang kegiatan yang akan dilakukan dengan memberi contoh terlebih dahulu kepada anak. Setelah itu anak diberi lembar kerja anak sesuai dengan yang dijelaskan oleh guru, setelah mengerjakan anak bisa langsung mengumpulkan dan mendapat nilai dari guru. Kedua, Manfaat kemampuan berhitung menara angka terhadap perkembangan kemampuan berhitung yaitu anak menambah pembendaharaan bahasa yang cukup luas, anak mampu memperbaiki cara berhitung dan tata bahasa yang baik, dan anak mampu mengucapkan dan mengeluarkan bunyi yang lantang dalam menyebutkan angka. Dan guru juga jadi peran utama dalam pembelajaran menara angka guru juga mempunyai prinsip atau rencana pembelajaran yang sangat baikuntuk anak saat proses pembelajaran. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan permainan menara angka terhadap anak Faktor Pendukungnyayaitu guru yang selalu memotivasi anak dengan ucapan dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dan sarana prasarana yang cukup memadai Sedangkan Faktor Penghambatnya yaitu usia siswa yang belum sampai 4 tahun dan tingkat kecerdasan anak.
Tidak tersedia versi lain