Text
Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Wayang Kartun pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Tanjung IV Kecamatan Pagantenan, Kebupaten Pamekasan
Kata kunci: Menyimak Dongeng, Wayang Kartun, Pembelajaran Bahasa
Indonesia
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan menyimak dongeng
melalui wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia, seorang siswa
memerlukan adanya keterampilan keterampilan guru dalam mengajarnya agar
siswa dapat cepat memahami materi yang akan disampaikan sehingga sesuai
dengan tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan hal tersebut ada tiga fokus yang menjadi kajian utama
penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana perencanaan pembelajaran keterampilan
menyimak dongeng melalui wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia
kelas III SDN Tanjung IV Kecamatan Pagantenan Kebupaten Pamekasan? Kedua,
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak dongeng melalui
wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Tanjung IV
Kecamatan Pagantenan Kebupaten Pamekasan? Ketiga, Bagaimana hasil evaluasi
pembelajaran keterampilan menyimak dongeng melalui wayang kartun dalam
pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Tanjung IV Kecamatan Pagantenan
Kebupaten Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data penelitian
meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam
pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan derajat
kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,
dan triangulasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Pertama, perencanaan
pembelajaran keterampilan menyimak dongeng melalui wayang kartun dalam
pembelajaran bahasa Indonesia, dilakukan rapat terlebih dahulu dengan tujuan
agar guru harus berusaha menguasai kelas, serta penguasaan materi dan
menguasai satu persatu karakter murid. Membuat RPP (rencana pelaksanaan
pembelajaran) Membuat wayang kartun dari kertas (gambar). Kedua, pelaksanaan
pembelajaran keterampilan menyimak dongeng melalui wayang kartun dalam
pembelajaran bahasa Indonesia Tahap pendahuluan atau pembukaan. Tahap inti
kegiatan. Tahap penutup. Ketiga, evaluasi pembelajaran keterampilan menyimak
dongeng melalui wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia, Ada dua
evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan keterampilan menyimak
dongeng melalui wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas III
pertama evaluasi jangka pendek yang dilakukan setelak selesai pelaksanaan
kegiatan pembelajaran selesai, dengan membuaat media wayang katun yang lebih
menarik. Kedua evaluasi jangkan penjang hal itu dilakukan di akhir semester.
Tidak tersedia versi lain