Text
Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SDN BULAY II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Tahun ajaran 2021/2022
Kata Kunci : Metode jigsaw, hasil belajar, mata pelajaran IPA.
Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kegiatan interaksi yang dilakukan
oleh guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Kegiatan interaksi dapat
dikatakan berhasil apabila dalam interaksi tersebut siswa terlibat aktif.
Ketidakberhasilan siswa dalam suatu pembelajaran salah satunya disebabkan oleh
metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar.
Hal ini terjadi pada kelas V SDN Bulay II yang menyebabkan hasil belajar siswa
rendah serta siswa malas untuk belajar, khususnya pada pembelajaran IPA. Salah
satu metode pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa
adalah metode jigsaw yaitu metode yang menitik beratkan pada kerja kelompok
kecil.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah ada pengaruh metode
jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Di SDN
Bulay II; kedua ,seberapa besar pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V Di SDN Bulay II.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan
atau metode kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode quasy eksperiment
(eksperimen semu). Bentuk desain eksperimen dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grup Desain. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas
V. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu:
Kelompok eksperimen dimana kelompok ini siswa diberi perlakuan metode
jigsaw dengan sampel yang terpilih adalah siswa kelas V A dengan 11 siswa, dan
kelompok kontrol dimana siswa diberi perlakuan metode ceramah dengan sampel
yang terpilih adalah siswa kelas V B dengan jumlah 11 siswa. Data penelitian ini
diperoleh melalui soal tes dan dokumentasi. Tes untuk mengetahui hasil belajar
siswa dan dokumentasi berupa foto dikelas eksperimen. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis uji hipotesis untuk hasil belajar yang diperoleh menujukkan
bahwa thitung>ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan ttabel yaitu 2,086. Maka
thitung>ttabel yaitu 2,172>2,086, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima atau ada pengaruh metode jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA. Dan besarnya pengaruh penerapan metode jigsaw terhadap hasil
belajar siswa yang menggunakan rumus effect size, diperoleh ES sebesar 1,06
yang termasuk dalam kriteria yang tinggi karena ES > 1,00 yaitu 1,06>1,00.
Sehingga Ha diterima dan bisa disimpulkan bahwa metode jigsaw dapat
memberikan pengaruh yang positif dengan kategori yang tinggi terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V di SDN Bulay II
Tidak tersedia versi lain