Text
Pengembangan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Strategi Heuristik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Pragaan Laok 1 Pragaan Sumenep
Kata Kunci : Strategi Heuristik, Meningkatkan Kecerdasan Intelektual,
Mata Pelajaran IPA.
Strategi heuristik merupakan pembelajaran yang menitik beratkan pada
aktivitas belajar, membantu dan membimbing peserta didik jika menemui
kesulitan dan membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalahnya.
Penggunaan strategi pembelajaran ini, yang mencari dan mengolah pesan (materi
pelajaran) ialah siswa. Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing kegiatan
belajar siswa, oleh karena itu strategi heuristik dilakukan untuk mengembangkan
kecerdasan intelektual siswa khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan
alam.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
pokok dalam penelitian, yaitu : Pertama, bagaimana Pengembangan Kecerdasan
Intelektual Siswa Melalui Strategi Heuristik pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV
SDN Pragaan Laok 1, Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat
Pengembangan Kecerdasan Intelektual Siswa melalui Strategi Heuristik pada
Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Pragaan Laok 1 Pragaan Sumenep, Ketiga,
Bagaimana Hasil Pengembangan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Strategi
Heuristik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Pragaan Laok 1 Pragaan
Sumenep. Penelitian ini Menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis
deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Pertama, pengembangan kecerdasan
intelektual siswa melalui strategi heuristik yaitu siswa diminta memahami materi
yang disiapkan oleh guru, kemudian siswa menulis penemuannya dipapan tulis,
siswa diminta membuat media pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran
IPA, siswa diminta menulis kembali dan menyampaikan sekaligus menjelaskan
kepada teman-temannya, dan pada akhir pembelajaran siswa mampu
menyimpulkan pembelajaran IPA dengan fasih dan menyenangkan. Kedua, faktor
pendukung berupa sarana dan prasarana dan faktor penghambatnya yaitu keluarga
dan lingkungan. Ketiga, hasil pengembangan kecerdasan intelektual siswa melalui
strategi heuristik pada mata pelajaran IPA kelas IV yaitu adanya kemajuan dalam
intelektual siswa yaitu dari awal kecerdasan intelektual siswa 45% setelah
menggunakan strategi heuristik mencapai 95% dan terlaksana dengan baik
Tidak tersedia versi lain