Text
Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok B di RA Miftahus Shudur Dsn. Asemmanis Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan
Kata Kunci :Upaya Guru, Minat Belajar
Pendidikan Pra Sekolah adalah pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya
pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 0 sampai 5 tahun yang dilakukan
dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut
yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Namun dalam hal ini
peneliti melakukan penelitian pada upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak usia
dini, yang mana upaya ini untuk memberikan suatu keinginan bagi anak agar tumbuh dalam
dirinya suatu keingintauan.
Penelitian ini di fokuskan pada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, pertama, Apa saja proses guru dalam upaya meningkatan minat belajar Anak
Usia Dini Kelompok B, Mengapa guru sangat penting dalam peningkatan belajar Anak Usia
Dini Kelompok B, Apa faktor pendukung dan menghambat anak dalam peningkatan minat
belajar Anak Usia Dini Kelompok Bdi RA Miftahus shudur Dsn. Asemmanis Ds. Larangan
Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan.
Metode penelitain yang digunakan adalah penelitian kualitatif, lokasi penelitian di
RA Miftahus shudur. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi non
partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan
keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan metode.
Dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bahwsanya, proses yang
dilakukan guru Pertama dengan adanya motivasi berupa dengan sebuah kata-kata ataupun
berupa tindakan, jika anak sudah mulai jenuh akan pembelajarannya, maka tugas guru harus
selalu memotivasi anak sehingga kemauan anak untuk belajar itu tercipta kembali, kedua
menggunakan media pembelajaran yang konkret, yaitu menggunakan media gambar karena
pada hakikatnya anak akan memahami apa yang ia lihat. 2) Sangat penting karena itu sebagai
tujuan guru mengajar jika anak tidak bisa meningkatkan minat belajar anak maka strategi
guru itu gagal karena tak lain tak bukan tujuan dari guru itu sendiri yaitu ingin menjadikan
anak yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. 3) bahwasanyabeberapa faktor yang bisa
meningkatkan minat belajar anak yaitu yang pertama suasana belajar yang menyenangkan
karena jika suasana kelas menyenangkan maka anak tidak akan mudah bosan dalam
melakukan pembelajaran.yang kedua yaitu lingkungan belajar yang mendukung dan menarik
untuk anak karena pada dasarnya anak akan senang belajar jika melihat lingkungan yang
menarik untuk anak.Sedangkan factor penghambatnya di karenakan a. pertama suara guru
yang kurang jelas. b. diri mereka sendiri. c. suasana yang tidak menyenangkan karena dunia
anak hanya bermain jika suasana kelas tidak menyenangkan maka anak akan melakukan
kegiatan yang menurut mereka menyenangkan
Tidak tersedia versi lain