Text
, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Miftahus Shudur
Kata Kunci: Strategi guru, membeca Al-Qur’an anak usia dini
Strategi adalah sebuah garis pola yang sudah ditentukan oleh seorang
pemimpin untuk mencapai suatu pembelajaran. Guru harus mempunyai sebuah
strategi agar tercapai sebuah pembelajaran yang ingin dicapai. Sebuah
pembelajaran akan menjadai efektif jika guru memiliki strategi yang tepat yang
sesuai dengan kemampuan anak. Mengajari anak tentunya tidak sama dengan
mengajari orang dewasa. Disini guru dituntut untuk kreatif agar anak tetap
terfokuskan pada guru tersebut, jika anak selalu fokus pada guru maka
kemampuan anak cepat meningkat karna anak usia dini merupakan anak yang
unik yang berada pada masa golden age/keemasan pada masa tersebut anak
mudah untuk berkembang dan anak memiliki sifat peniru jadi sikap guru gampang
ditiru oleh anak. Maka dari itu guru harus mengajari anak dengan sikap yang baik
dan benar agar anak berkembang dengan baik ketika dewasa, agar anak menjadi
baik maka sejak usia dini anak harus diajarkan untuk membaca Al-Qur’an, karna
Al-Qur’an salah satu petunjuk untuk umat islam, selain sebagai petunjuk AlQur’an juga merupakan kitab yang diturunkan Allah pada nabi Muhammad. Maka
dari itu Al-Qur’an sangat penting diajarkan sejak anak usia dini. Berangkat dari
fenomena tersebut maka penelitian dilakukan dengan judul” Starategi Guru
Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Di RA
Miftahus Shudur Dsn. Asem Manis Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab.
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penulis menggunakan wawancara. Adapun metode pengumpulan datanya
menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan tekhnik analisis
datanya menggunakan deskriptif analisis. Selanjutnya untuk pengecekan
keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan
ketekunan pengamat, trianggulasi. Adapun tahapan penelitian yang digunakan ada
3 tahapan : a.) tahap pra lapangan b.) tahap kegiatan lapangan c.) tahap pelaporan.
Hasil yang didapatkan tentang Starategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini di RA Miftahus Shudur Dsn. Asem Manis
Ds. Larangan Tokol Kec. Tlanakan Kab. Pamekasan adalah yang pertama tahap
perencanaan/rancangan dalam tahap ini guru membuat RPPH setelah itu guru
mengabsen siswa untuk mengecek kehadiran anak, dan memberi sebuah motivasi
serta rangsangan untuk anak. Yang kedua tahap pelaksanaan pada tahap ini anak
membaca doa sebelum belajar dan mebaca surat-surat pendek dan menggunakan
metode iqro’, pada metode ini ada buku panduanya berupa buku iqro’, buku
tersebut dikumpulkan didepan dimeja guru, dan sistem bacanya yaitu dilakukan
dengan indivudu/privat, serta memulai bacanya dengan taawudz jika ada mad
maka menggunakan jari untuk menghitung panjang madnya. Yang ketiga evaluasi
yaitu dengan cara mengetes setiap bacaan anak dan menggunakan symbol bintang
untuk yang sudah berhasil.
Tidak tersedia versi lain