Text
Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi Game untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial (Social Care) Siswa Kelas X TKJ Putri SMK Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Simulasi Game, Kepedulian Sosial
Penelitan ini dilatarbelakangi karena kurangnya kesadaran akan
kepedulian sosial pada siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1)
Bagaimana efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game
dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa Kelas X TKJ Putri SMK
Matsaratul Huda Panempan Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021 ? (2)
Bagaimana signifikansi bimbingan kelompok dengan teknik simulasi
game dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa Kelas X TKJ Putri
SMK Matsaratul Huda Panempan Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021 ?
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen dengan
desain One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu metode angket dan wawancara. Sampel yang
digunakan sebanyak 16 siswa dari populasi 121 siswa menggunakan
teknik puposive sampling. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas
dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Dan teknik
analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bimbingan kelompok
dengan teknik simulasi game dapat meningkatkan kepedulian sosial siswa
kelas X TKJ putri tahun ajaran 2020/2021. Ini dibuktikan berdasarkan
hasil uji t diperoleh t hitung > t tabel (7,174 > 1,753) pada taraf signifikan α =
0,05 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima yang artinya ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan
teknik simulasi game terhadap kepedulian sosial siswa kelas X TKJ putri
SMK Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.(2) Nilai rata-rata pre-test
sebesar 107,88 dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan
teknik simulasi game hasil post-test meningkat menjadi 115,31. Sehingga
peningkatannya sebesar 7,43. Diketahui bahwa rata-rata nilai post-test
lebih tinggi dibanding rata-rata nilai pre-test yang menunjukkan bahwa
ada perubahan skor yang bermakna dari hasil treatment yang berarti
bimbingan kelompok dengan teknik simulasi game efektif untuk
meningkatkan kepedulian sosial siswa kelas X TKJ putr
Tidak tersedia versi lain