Text
Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Tekhnik Strees Inoculation Dalam Membantu Kesulitan Belajar Siswa Kelas Xi Smk. Annasyiin Grujugan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Konseling Individu, Teknik Strees Inoculation, Kesulitan Belajar
Pelakasanan layanan bimbingan dan konseling sangatlah berpengaruh
terhadap pola belajar serta keberhasilan siswa dalam mencapai tugas-tugas
perkembangannya, dari hal tersebut dapat dilihat bahwasannya bimbingan dan
konseling harus terealisasi secara optimal untuk membantu peserta didik
mengembangkan potensi serta bakat minat yang dimiliki.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu 1) Apa saja bentuk-bentuk kesulitan belajar siswa kelas XI SMK. AnNasyiin Grujugan Larangan Pamekasan?, 2) Bagaimana pelaksanaan konseling
individu dengan teknik strees inoculation dalam membantu kesulitan belajar
siswa kelas XI SMK. An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan?, 3) Apa saja
faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan konseling individu dengan teknik
strees inoculation dalam membantu kesulitan belajar siswa kelas XI SMK. AnNasyiin Grujugan Larangan Pamekasan?.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitiannya yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. lokasi penelitian dalam
penelitian ini yaitu lembaga SMK. An-Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK, siswa, dan wali kelas. metode
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain yaitu interview
atau wawancara, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, bentuk-bentuk kesulitan
belajar siswa kelas XI SMK. An-Nasyiin yakni kesulitan dalam menghitung
rumus pada mata pelajaran matematika, dan kesulitan dalam hal membaca teks
atau naskah pada mata pelajaran bahasa inggris kedua, pelaksanaan konseling
individu dengan teknik strees inoculation dalam membantu kesulitan belajar
siswa kelas XI SMK. An-Nasyiin. Terdiri dari 3 tahapan. 1) guru BK
menyampaikan tujuan dari pelaksanaan konseling, menjelaskan bahwa teknik
strees inoculation ini bertujuan untuk meredam strees yang dialami oleh siswa. 2)
guru BK akan mulai bertanya beberapa hal terkait masalah yang dihadapi oleh
siswa hingga guru BK tau penyebabab masalah tersebut, kemudian guru BK
memberikan contoh baik berupa perilaku yang dapat ditiru agar siswa dapat
mencegah dan mengatas strees yang dihadapi. 3) guru BK menyuruh siswa untuk
melakukan hal-hal yang telah dicontohkan untuk dipraktekan saat proses
konseling, dan menyuruh siswa untuk mencatat apakah perilaku tersebut dapat
dilaksanakan dengan baik untuk mengetahui kemajuan yang dicapai oleh siswa.
Ketiga, apa saja faktor penghambat dan pendukung pada pelaksanaan konseling
individu dengan teknik strees inoculation dalam membantu kesulitan belajar
siswa kelas XI SMK. An-Nasyiin yaitu, tidak adanya ruangan khusus konseling
sedangkan untuk faktor pendukungnya yaitu adanya kerja sama dari dewan guru
lainya dalam terlaksananya proses konseling individu
Tidak tersedia versi lain