Text
Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini (di TK PGRI 1 Taddan Camplong Kabupaten Sampang)
Kata Kunci: Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional
Anak Usia Dini
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterkaitan peneliti dalam
mengungkapkan fenomena yang dilakukan oleh pihak TK PGRI 1 Taddan
Camplong Kabupaten Sampang dalam Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap
Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini ( di TK PGRI 1 Taddan Camplong
Kabupaten Sampang) dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk
mengetahui bagaimana Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan
Emosional Anak Usia Dini ( di TK PGRI 1 Taddan Camplong Kabupaten
Sampang).
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus yang menjadi kajian dalam
penelitian ini, yaitu: Bagaimana peran orang tua dalam menerapkan pola asuh
terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di TK?. Bagaimana implikasi
pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional terhadap anak usia dini?.
Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif adapun pendekatannya yang
digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang
diperoleh dari penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui orang tua TK PGRI 1
Taddan Camplong Kabupaten Sampang, anak usia dini, kepala sekolah serta
Guru TK,. Adapun Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, display
data (penyajian data), serta verifikasi data (Penarikan kesimpulan). Sedangkan
teknik pengecekan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran orang tua dalam menerapkan
pola asuh terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di TK PGRI 1 Taddan
Camplong Kabupaten Sampang. Bahwasannya orang tua berperan penting dalam
mendidik atau mengasuh anaknya dengan pola asuh yang diterapkan orang tua
kepada anaknya di TK tersebut beragam-ragam ada pola asuhnya demokratis,
orang tua yang berambisi, orang tua yang membandingkan anaknya dengan anak
lain, orang tua yang otoriter. Dari pola asuhan tersebut akan mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan anak terutama pada fisik dan psikisnya.
Sedangkan Implikasi pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional pada
anak-anak usia dini hususnya di TK GRI 1 Taddan Camplong Kabupaten
Sampang. kebanyakan dari orang tua dalam menerapkan pola asuh kepada
anaknya masih kurang maksimal. Sehingga masih ada sebagian dari anak-anak
yang dapat menimbulkan masalah emosionalnya kepada anak-anak yang
lainnya. Implikasi pola asuh yang seperti itu akan berdampak terhadap
kecerdasan emosional anak seperti kurang ramah dan cenderung penakut, kurang
pengendalian emosi diri sendiri, kurangnya rasa empati, tidak mudah
beradaptasi dengan lingkungan, kurang percaya diri dan pemalu.
Tidak tersedia versi lain