Text
Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Melaksanakan AsasAsas Bimbingan Dan Konseling Di MASWASTA Al-Djufri Blumbungan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling, Asas-Asas Bimbingan Dan Konseling
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang mengatakan bahwaguru
BKyang ada di sekolah mereka kurang bisa menjaga rahasia,terkesan tidak akrab/hangat
dengan siswa, bersikap kaku dan dingin, serta tidak mau mengalah/selalu merasa paling benar
sehigga kinerjanya perlu dipertanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana kinerja guru BK dalam melaksanakan asas-asas BK di MAS Al-Djufri
Blumbungan Larangan Pamekasan. Ada dua fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini,
1) Bagaimana kinerja guru BK dalam melaksanakan asas-asas BK di Madrasah Aliyah
Swasta Al-Djufri Blumbungan Larangan Pamekasan? 2) Apa saja faktor pendukung dan
faktor penghambat guru BK melaksanakan asas-asas BK di Madrasah Aliyah Swasta AlDjufri Blumbungan Larangan Pamekasan?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam prosedur
pengumpulan data adalah wawancara,observasi, dan dukumentasi. Analisis data penelitian
meliputi reduksi data,penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan
keabsahan data peneliti meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Kinerja guru BK dalammelaksanakan
asas-asas BK di Madrasah Aliyah Swasta Al-Djufri tergolong cukup memenuhi standart. Hal
tersebut dikerenakan kemampuan atau keterampilan guru BK yang memang lulusan S1 BK
serta kerja sama antara guru BK dan pihak-pihak lain berjalan cukup baik walaupun tidak
semua asas terlaksana dengan maksimal. Dari kesebelas asas-asas BK, ada yang sudah
terlaksana dengan cukup optimal yaitu, kesukarelaan, keterbukaan, kekinian, kemandirian,
kegiatan, keterpaduan, kenormatifan, keahlian. Dan ada yang kurang maksimal yaitu asas
kerahasiaan, asas alih tangan kasus, dan tut wuri handayani.Kedua, Adapun faktor pendukung
dan faktor penghambat guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan asas-asas
bimbingan dan koseling di MAS Al-Djufri dapat diketahui faktor pedukungnya diantaranya
1) Kerja sama antara guru BK dan guru lain 2) Kesadaran dan kemauan siswa untuk
dibimbing dan dikonseling 3) Keahlian guru BK. Untuk faktor pemhambatnya yaitu 1)
Kurangnya jam pelajaran BK 2) Sebagian siswa yang merasa takut dan malu jika berhadapan
dengan guru BK dan menganggap polisi sekolah 3) Sarana dan prasarana kurang memadai
seperti ruang BK yang berada di dalam ruang guru dan hanya di batasi papan triplek
Tidak tersedia versi lain