Text
Penguatan Konsep Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Kautsar Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Sains, Anak Usia Dini,Eksperimen
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti dalam
mengungkapkan yang dilakukan oleh pihak TK Al-Kautsar Lawangan Daya
Pademawu Pamekasan dalam memberikan penguatan konsep sains anak usia dini
melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun dengan demikian penelitian
ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana penguatan konsep sains pada anak
usia dini melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Kautsar
Lawangan Daya Pademawu Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus yang menjadi kajian
dalam penelitian ini, yaitu: mengapa konsep sains melalui metode eksperimen
diberikan kepada anak usia dini khusunya pada anak usia 5-6 tahun di TK AlKautsar Pademawu Pamekasan? Bagaimanakah manfaat metode eksperimen di
TK Al-Kautsar Pademawu Pamekasan? Apa saja faktor yang mempengaruhi
penerapan metode eksperimen dalam memberi penguatan konsep sains di TK AlKautsar Pademawu Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatannya yang
digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang
diperoleh dari penelitian ini, yaitu dengan wawncara, observasi, dan dokumentasi.
Adapun sumber data yang diperoleh melalui kepala sekolah, guru TK, serta orang
tua di TK Al-Kautsar Pademawu Pamekasan. Adapun teknik analisis datanya
menggunakan checking data, organizing (pengelompokan), serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi (counclusion drawing/verification). Sedangkan teknik
pengecekan keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Adanya penguatan konsep
sains melalui metode eskperimen pada anak usia dini di TK Al-Kautsar Khusunya
usia 5-6 tahun dikarenakan dengan menggunakan metode eksperimen anak dapat
melakukan percobaan langsung, dan juga dapat memberikan stimulus pada anak
untuk menjadikan anak yang kreatif, serta inovatif. Serta dapat melatih anak
dalam memecahkan masalah, dan berpikir logis. Kedua, Manfaat dengan
diterapkannya metode eksperimen dalam pembelajaran konsep sains dapat
membantu anak untuk melakukan percobaan langsung sehingga anak dapat
mengetahui bagaimana proses terjadinya dari percobaan tersebut, dimana anak
dapat memahami sebab akibat dari apa yang dilakuan dalam percobaan langsung
tersebut. Ketiga, Terdapat faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan
metode eksperimen dalam memberi penguatan konsep sains, yaitu dapat dilihat
dari segi kesiapan alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan sains,
kemampuan pendidik/guru dalam menjelaskan materi serta proses atau langkah
yang akan dilakukan percobaan anak, serta kondisi anak pada saat melakukan
percobaan sains tersebut.
Tidak tersedia versi lain