Text
Strategi guru dalam pengembangan aspek nilai agama dan moral terhadap pembentukan akhlakul karimah anak usia dini kelompok B TK nurul falah desa pesanggar kecamatan pegantenan kabupaten pamekasan di Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Kata Kunci: Strategi, Aspek nilai agama dan moral
Prodi PIAUD merupakan salah satu Prodi yang akreditasinya unggul
(A) dan peminatnya cukup banyak antara tahun ke tahun. Jadi ini cukup
dikatakan bermutu/berkualitas, karena semakin banyak persaingan lembaga
pendidikan jangankan dari luar dari dalam pun sudah banyak prodi antara satu
sama lainnya yang nantinya akan menjadi sorotan tertentu sehingga butuh
peningkatan secara terus-menerus agar kualitasnya lebih baik lagi kedepannya.
Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana
strategi guru dalam pengembangan aspek nilai agama dan moral untuk
pembentukan akhlakul karimah anak usia dini kelompok B TK nurul falah desa
pesanggar kecamatan oegantenan kabupaten pamekasan. Kedua, apa saja
faktor penghambat guru dalam pengembangan aspek nilai agama dan moral
untuk pembentukan akhlakul karimah anak usia dini kelompok B TK nurul
galah desa pesanggar kecamatan oegantenan kabupaten pamekasan. Ketiga,
Bagaimana cara mengatasi faktor penghambat guru dalam pengembangan
aspek nilai agama dan moral untuk pembentukan akhlakul karimah anak usia
dini kelompok B TK nurul falah desa pesanggar kecamatan pegantenan
kabupaten pamekasan.
Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang
memaparkan data seca ra deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan
wawancara tidak terstruktur, observasi non-participant. Sumber data diperoleh
dari Kepala sekolah, Guru kelas B, Guru di sekolah Nurul Falah. Teknik
analisis data ialah Reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi
data. Sementara teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan/keajegan, dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: Pertama, ada tiga kegiatan
dalam penerapan strategi, Kegiatan rutinitas, Kegiatan terintegrasi, Kegiatan
husus. Kedua, faktor pendukung, Kompetensi guru, Lingkungan fisik TK
Nurul Falah, Dukungan wali murid. Ketiga, Cara mengatasi faktor
penghambat, karakteristik anak usia dini, kurangnya sarana dan prasarana yang
memdukung.
Tidak tersedia versi lain