Text
Pelaksanaan Teknik Biblioterapi Untuk Meningkatkan Etika Berteman Dengan Teman Sebaya Kelas VII Di Mts Miftahul Qulub Polagan
Kata Kunci: Teknik Biblioterapi, Etika Berteman Dengan Teman Sebaya
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki etika
berteman dengan teman sebaya yang rendah sehingga banyak terdapat siswa yang
tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan etika berteman
dengan teman sebaya dan sering mengejek, berkata kasar terhadap teman sebayanya
sekelasnya. Ada 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini,
yaitu: ada 3 rumusan masalah yang peneliti teliti yaitu pertama tentang pelaksanaa
Teknik biblioterapi untuk meningkatkan etika berteman dengan teman sebaya ,
kedua Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Teknik Bibblioterapi Untuk
Meningkatkan Etika Berteman Dengan Teman Sebaya Di Mts Miftahul Qulub
Polagan, ketiga Tingkat Keberhasilan Penarapan Teknik Bibblioterapi Untuk
Meningkatkan Etika Berteman Dengan Teman Sebaya Di Mts Miftahul Qulub
Polagan.
Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan.
Penelitian ini dilakukan Mts Miftahul Qulub Pologan . Penelitian ini dilakukan
dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Setiap siklus beralokasi 1x45 menit yang terdiri dari berbagai kegiatan
konseling kelompok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh
dengan observasi, angket etika berteman dengan teman sebaya , wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelilitian yang diperoleh dalam pelaksanaan Teknik bibliotherapy
ialah. Pertama: a). peneliti meberikan treatmen bahan bacaan yang sesuai dengan
permasalahan yang dilami oleh siswa. b) Membantu inidividu agar dapat membantu
dirinya sendiri. c) Menyajikan informasi yang dibutuhkan atau sesuai dengan nilai
karekter yang ingin di bangun.
Kedua: Dalam penelitian terdapat penghambat yaitu peserta didik kurang
tebiasa membaca sehingga kesulitan dalam memahami isi cerita, dan tidak adanya
fasilitas ruangan untuk proses konseling dalam penelitian.
Ketiga: hasil rata-rata pra siklus (47%) dengan uraian sebagai berikut
terdapat 2 siswa (33,33) dengan kategori Sedang dan 1 siswa dengan kategori
sangat rendah (16,66%) dan 2 siswa dengan kategori rendah (50%),mengalami
peningkatan dengan melakukan Teknik biblioterapi yaitu siklus I rata-rata 45,66%
dengan uraian berikut : 2 siswa ( 33,33 % ) dengan kategori tinggi, 1 siswa
(16,66%) dengan kategori sedang dan 3 siswa (50%) dengan kategori sangat
rendah, dan siklus II mengalami peningkatan rata-rata 82,83% dengan uraian
berikut , 5 Siswa ( 83,33 % ) dengan kategori tinggi, 1 siswa (16,66%). Dan dalam
hasil observasi pengamatan siswa pada siklus I rata-rata (46,25%) maka bahwa
kategori ini menunjukan bahwa siswa cukup dalam mengikuti kegitan, Dan
mengalami peningkatan pada Siklus II rata-rata 90% maka siswa sangat baik
dalam mengikuti kegiatan yang diberikan oleh peneliti
Tidak tersedia versi lain