Text
Efektifitas Permainan Sains Penggabungan Warna Tehadap Aspek Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B di TK Muslimat 2 Khodijah Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Permainan Sains, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan bahwa perkembangan kognitif
pada anak belum berkembang dann pengetahuan anak akan warna sangat minim.
Sehingga perlu diberikan stimulus kepada anak usia dini, salah satunya dengan
melakukan permainan sains penggabungan warna. Peneltian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui efektifitas permainan sains penggabungan warna
terhadap aspek perkembangan kognitif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen, yang
sengaja dilakukan untuk membangkitkan timbulnya suatu keadaan. Populasi pada
penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Muslimat 2 Khodijah yang
berjumlah 32 anak. Dan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik random
sampling atau pengambilan secara acak yakni hanya mengambil 20 anak untuk
dijadikan sampel, dan dibagi menjaid 2 kelompok yakni 10 anak untuk kelompok
eksperimen dan 10 anak untuk kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t
yang akan diolah dengan menggunaka program aplikasi SPSS versi 22.
Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat efek dari permainan sains
penggabungan warna terhadap perkembangan kognitif anak. Hal ini dapat
diketahui dari hasil analisis data pada pretest dan posttest kelompok eksperimen
dengan hasil yang diperoleh adalah thitung= 13,397 dengan nilai signifikansi 0,05
pada ttabel= 2,262. Karena nilai Sig. (2-tailed)= 0,000 < 0,05, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa terdapat efek dari permainan sains penggabungan warna
terhadap aspek perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Muslimat 2
Khodijah. Jadi artimya H0 ditolak dan Ha diterima karena dalam penelitian ini
terdapat efek dari permainan sains penggabungan warna terhadap perkembangan
kognitif.
Tidak tersedia versi lain