Text
Pelaksanaan bimbingan klasikal sebagai tidakan preventif terhadap bahaya narkoba di SMK Al Husen Pademawu
Kata Kunci : bimbingan klasikal, bahaya narkoba.
Bimbingan dan konseling merupakan layanan yang diberikan oleh konselor
atau guru BK kepada peserta didik yang bertujuan untuk membantu
mengembangkan potensi yang terdapat pada peserta didik atau membantu untuk
memecahkan masalah yang terjadi. Layanan pada bimbingan konseling
berpengaruh kepada keberhasilan belajar peserta didik dan dalam mencapai tugastugas perkembangannya. Oleh karena itu pelaksanaan bimbingan dan konseling
harus dilaksankan dengan maksimal dalam membantu peserta didik mencapai
tugas-tugas perkembangannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana pelaksanaan bimbingan
klasikal sebagai tindakan preventif terhadap bahaya narkoba di SMK Al Husen
Pademawu, kedua bagaimana gambaran keberhasilan pelaksanaan bimbingan
klasikal dalam meingkatkan pengetahuan siswa terhadap bahaya narkoba di SMK
Al Husen Pademawu.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitiannya yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu
SMK Al Husen Pademawu. Sumber dalam penelitian ini adalah guru BK, guru wali
kelas, dan siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data anatara lain:
wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis data statistik, yaitu mengkombinasikan data
yang diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket menggunakan
trigulasi sumber.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan
klasikal sebagai tindakan preventif terhadap bahaya narkoba di SMK Al Husen
Pademawu dilaksanakan dengan metode cerama dan tanya jawab. Sedangkan pada
tahap pelaksanaannya ada 3. Pada tahap Tahap awal yaitu: Guru BK membuka
dengan salam dan berdoa, Ice Breaking, guru BK menyampaikan tujuan yang akan
dicapai, guru BK menjelaskan mengenai langkah-langkah kegiatan, tugas dan
tanggung jawab peserta didik. Guru BK menjelaskan topik layanan yang akan
dibahas/disampaikan. Guru BK menanyakan kesiapan peserta didik. Pada tahap
kedua/tahap Inti yaitu: Pesertadidik mendengarkan tentang materi yang
disampaikan oleh guru BK, guru BK membuka sesi tanya jawab, guru BK
memberikan pertanyaan kepada siswa, guru BK dan perserta didik menyimpulkan
isi materi dan pada tahap ketida/tahap penutup yaitu: Guru BK membuat
kesimpulan mengenai bahaya narkoba dan mengenai poin penting dalam materi
yang disampaikan. Gambaran keberhasilan pelaksanaan bimbingan klasikal dalam
meingkatkan pengetahuan siswa terhadap bahaya narkoba di SMK Al Husen
vi
Pademawu Berdasarkan perhitungan presentase dari angket yang telah di sebarkan
kepada 18 siswa yang mengikuti pelaksanaan bimbimbingan klasikal, keberhasilan
pelaksanaan bimbingan klasikal dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap
bahaya narkoba tersebut pada siswa kelas X di SMK Al Husen Pademawu sebesar
75% maka dapat disimpulkan bahwa setelah mengikuti bimbingan dapat
dikatagorikan baik pada pelaksanaan bimbingan klasikal dalam meningkatkan
pengetahuan siswa terhadap bahaya narkoba
Tidak tersedia versi lain