Text
Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Perkembangan Bahasa Anak pada Kelompok B di TKIT Nurul Hidayah Sampang
Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Perkembangan Bahasa Anak
Metode bermain peran merupakan suatu metode pembelajaran yang
menyenangkan, dengan bermain peran dapat mengembangkan bahasa pada anak,
terutama dalam berbicara, dengan pembelajaran menyenangkan tanpa disadari
oleh anak perkembangan bahasanya dapat berkembang. Dan bermain juga
merupakan bagian penting dalam Pendidikan anak menuju perkembangan normal
sesuai dengan kodrat anak.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan dalam penelitian ini,
yaitu: Pertama, Apakah ada pengaruh metode bermain peran terhadap
perkembangan bahasa anak pada kelompok B di TKIT Nurul hidayah Sampang?
Kedua, Berapakah besar pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan
bahasa anak pada kelompok B di TKIT Nurul Hidayah Sampang? Tujuan dalam
penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran
terhadap perkembangan bahasa anak pada kelompok B di TKIT Nurul Hidayah
Sampang. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bermain
peran terhadap perkembangan bahasa anak pada kelompok B di TKIT Nurul
Hidayah Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasi product moment. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh
peneliti yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah rumus product moment dengan dihitung menggunakan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini, maka dapat diketahui dilihat dari nilai sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai r hitung lebih besar dari nilai r table = 0,587 >
0,325, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan atau korelasi antara variabel
metode bermain peran (X) terhadap variabel perkembangan bahasa anak (Y).
karena r hitung atau Pearson Correlations dalam analisis ini bernilai positif maka
itu artinya hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif
Tidak tersedia versi lain