Text
Upaya Pengendalian Emosi Siswa Anak Usia Dini (Aud) Melalui Metode Bercerita Di Paud Hidayatullah Pamekasan Kelompok A
Kata Kunci: Pengendalian Emosi, Anak Usia Dini, Metode Bercerita
Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat
dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam
berbagai aspek sedang mengalami masa yang cepat dalam rentang perkembangan hidup manusia. Pada rentan
usia dini anak dikenal akan masa keemasan ( the golden age) karena pada masa ini anak mampu menampung
beragam pengetahuan. Apabila anak tidak memperoleh banyak hal atau pengetahuan pada usia ini, maka masa
emas akan terlewati begitu saja. Dimana pada masa ini anak mulai peka atau sensitif untuk menerima berbagai
rangsangan. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi
yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan
kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, bahasa, sosial emosional dan spritual pada anak. dalam rangka
mengoptimalkan tumbuh kembang anak, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak yaitu pembelajaran
sambil bermain. Karena dunia anak adalah bermain seraya belajar dan juga belajar seraya bermain, jadi dunia
bermain itu tidak akan lepas dalam diri kehidupan anak.
Adapun fokus penelitian 1) Bagaimana upaya pengendalian emosi siswa anak usia dini melalui metode
bercerita. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mempengaruhi upaya pengendalian emosi siswa
anak usia dini melalui metode bercerita. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru di PAUD Hidayatullah
Pamekasan. Data yang diperoleh yaitu dengan cara metode observasi (Pengamatan) Wawancara dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti kumpulkan dari berbagai macam pengumpulan data, baik
berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, maka peneliti menemukan beberapa hal temuan sebagai berikut:
1) Upaya pengendalian emosi siswa anak usia dini melalui metode bercerita menunjukkan hasil yang sangat
seknitifikan dapat di ketahui dengan siswa merasa lebih senang dan bisa menirukan perilaku sesuai dengan cerita
Nabi yang disampaikan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mempengaruhi upaya pengendalian emosi
siswa anak usia dini melalui metode bercerita pendukung yaitu tersedianya buku cerita tentang kisah 25 Nabi,
cara guru menyampaikan cerita, guru-guru yang selalu memberikan motivasi. Penghambat yaitu keadaan anak
yang kurang konsentrasi, kurangnya minat membaca buku cerita pada anak.
Tidak tersedia versi lain