Text
Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (AUD) Melalui Program Literasi di Kelompok B TK Kartini Desa Dasok
Kata Kunci : Perkembangan, Bahasa, Literasi
Latar belakang masalah dalam penelitian adalah perkembangan bahasa
pada anak usia dini. Perkembangan bahasa harus di stimulus dengan baik agar
dapat berkembang sesuai dengan tahapannya. Namun, pada kenyataannya
perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok
sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak dalam membaca,
menulis, dan berkomunikasi, hal ini karena guru tidak memberikan stimulus
dengan program atau medote yang menyenangkan. Untuk mengupayakan
peningkatakan perkembangan bahasa pada anak usia dini di kelompok B TK
Kartini Desa Dasok, perlu mengadakan penelitian, yang bertujuan
mendeskripsikan penerapan program literasi dalam meningkatkan perkembangan
bahasa pada anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok, melalui
program tersebut diharapkan kemampuan berbahasa anak dapat mengalami
peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada
anak usia dini di Kelompok B TK Kartini Desa Dasok dengan menerapkan
program literasi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : pertama,
bagaimanakah penerapan program literasi dapat meningkatkan perkembangan
bahasa anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok; kedua, bagaimana
peningkatan bahasa pada anak usia dini di kelompok B TK Kartini Desa Dasok
setelah pelaksanaan program literasi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) model Hoopkins. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2021
dalam dua siklus, setiap siklus terdapat satu pertemuan. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelompok B TK Kartini Desa Dasok, yang berjumlah 20 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan
dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar
observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan perkembangan bahasa
anak usia dini kelompok B TK Kartini Desa Dasok dengan program literasi,
terlihat perkembangan bahasa siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya
yaitu saat pra siklus kriteria penilaian siswa tertinggi adalah Belum
Berkembang(BB) yakni 82% siswa, sedangkan pada siklus I kriteria penilaian
tertinggi adalah Mulai Berkembang(MB) yakni 85% siswa, dan pada siklus II
kriteria penilaian tertinggi adalah Berkembang Sangat Baik(BSB) yakni 90%
siswa.
Tidak tersedia versi lain