Text
Efektifitas Pendekatan REBT (Rational Emotive Behaviuor Therapy) dalam meingkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas Xl IPA MA AlFalah Sumber Gayam kadur pamekasan
Kata Kunci : REBT (Rational Emotive Behaviour Therapy), Pemecahan Masalah”.
Efektivitas pendekatan REBT dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
merupakan hal yang sangat erat kaitannya yang sangat penting bagi siswa tersebut. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas Xl IPA di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan dengan
jumlah 15 siswa. Dan dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang digunakan dengan hasil
pemecahan masalah siswa. Soal angket yang diberikan setelah belajar siswa. Jenis penelitian ini
menggunakan ekperimen dengan jenis penelitian wilcoxsom. istrumen penelitian menggunakan
angket yang disebarkan pada siswa dengan jumlah sampel 6 siswa. Peneliti menunjukkan bahwa
bimbingan konseling individu dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah Siswa Kelas
XI IPA di MA Al-Falah Sumber Gayam Tahun Ajaran 2020-2021. Ditunjukkan dengan uji sampel
test diketahui bahwa nilai sebesar 0,027 besar dari 0,05 maka ada berbedaan yang bermakna dari
hasil rata-rata pre-test dan post-test.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen. Yang mana dalam penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan post- test.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quesioner atau angket yang disebarkan
pada siswa dengan jumlah sampel sebanyak 6 siswa. Jumlah keseluruhan sampel terdiri dari 40
item. Pengambilan sampel ini menggunakan wilcoxsom.
Dalam meningkatkan keterampilan kemampuan pemecahan masalah, serta diketahui nilai
sig. 0.309 lebih besar dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang bermakna pada skor keterampilan
pemecahan masalah yang dilihat dari pretest – postest.
Hasil penelitian berdasarkan beberapa uji yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan
bahwa adanya efektivitas pendekatan REBT (Rational Emotive Behaviour Therapy) dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XI IPA MA Al-Falah Sumber
Gayam dengan nilai signifisikan 0,039 lebih besar dari 0,05 yang berapa ada perbedaan yang
bermakna, ada perbedaan pemecahan masalah yang dilhat dari prites dan postes. Hal ini juga
menujukkan bahwa bimbingan yang dilakukan oleh peneliti mempunyai efektivitas yang baik.
Untuk memecahkan masalah yang ada pada siswa kelas XI MA Al-Falah Sumber Gayam.
Tidak tersedia versi lain