Text
Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di PAUD Nurul Yaqin Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Upaya guru, Kemandirian, Mewarnai.
Upaya guru merupakan usaha yang dilakukan oleh guru untuk mencapai
suatu maksud yang telah direncanakan dengan segala usaha, tenaga dan juga
pikiran. Mengembangkan kemandirian anak sangat penting dilakukan agar anak
dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Kemandirin pada anak
mencerminkan bahwa anak tersebut memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, tidak
bergantung pada orang lain, dan juga dapat menyelesaikan permasalahan sendiri.
Tetapi dalam upaya guru dalam mengembangkan kemandirian anak pastinya
memilik faktor pendukung dan juga penghambatnya.
Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa masalah yang dihadapai guru
PAUD Nurul Yaqin Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini Fokus, yaitu: pertama Bagaimana
upaya guru dalam mengembangkan kemandirian anak melalui kegiatan mewarnai
di PAUD Nurul Yaqin Desa Badung Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.
Kedua Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru dalam
mengembangkan kemandirian anak di PAUD Nurul Yaqin Desa Badung
Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif desktriptif, dimana sumber yang diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan kepala
sekolah dan guru kelas, dan murid untuk pengecekan keabsahan data melalui
pengamatan terus-menerus, memperpanjang masa observasi dan triangulasi.
Dari hasil penelitian didapat bahwa: pertama upaya guru dalam
mengembangkan kemandirian anak melalui kegiatan mewarnai di PAUD Nurul
Yaqin Desa Badung kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dalam proses
pengembangan kemandirian melalui kegiatan mewarnai. Hal ini anak diharap
untuk melakukan kegiatan mewarnai tanpa di bantu oleh orang lain dan
menyelesaikan kegiatan tersebut secara mandiri dan tentunya kegiatan ini sangat
di sukai oleh anak. Kedua faktor pendukung dan penghambat guru dalam
mengembangkan kemandirian anak di PAUD Nurul Yaqin Desa Badung
Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan ada beberapa faktor yang mendukung
dan menghambat guru dalam mengembangkan kemandirian. Guru kebingungan
ketika pola asuh yang diterapkan oleh orang tua masih sangat memanjakan
anaknya dan pada saat pembelajaran di sekolah orang tua masih menunggui
anaknya dan parahnya lagi orang tua ikut masuk ke dalam kelas dan itu sangat
menghambat saat pembelajaran. Anak juga selalu ingin keluar kelas ketika guru
tidak mau membantu anak dalam menyelesaikan kegiatan mereka.
Tidak tersedia versi lain