Text
Penerapan Teknik meditasi dzkir Untung Mengurangi Konflik Interpersonal Siswa di SMAT Insan Hanifa Sumber Payung Ganding Sumenep
Kata Kunci: Meditasi Dzikir, Konflik Interpersonal Siswa
Konflik yang biasa terjadi di kalangan remaja adalah konflik interpersonal
atau biasa juga disebut dengan konflik antar individu. Biasanya remaja masih
belum bisa mengontrol emosi sehinga mudah marah dan bergejolak sehingga
mereka rentan terjadi konflik interpersonal. Salah satu cara mengurangi
kesenjangan yang berpotensi membuat konflik interpersonal adalah meditasi,
meditasi dapat mengurangi ketegangan konflik yang di alami oleh setiap individu.
Meditasi adalah praktek relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua
hal yang menarik, membebani maupun mencemaskan dalam hidup kita seharihari, salah satu meditasi yang diterapkan di masyarakat adalah meditasi dzikir.
Meditasi dengan dzikir merupakan pemusatan fikiran kepada Allah SWT agar
dapat lebih dekat dengan sang pencipta. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat
pembahasan yang menjadi rumusan dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana
Gambaran konflik Interpersonal Siswa Kelas XI di SMAT Insan Hanifa Sumber
Payung Ganding Sumenep,Bagaimana Penerapan Meditasi Dzikir Dapat
Mengurangi Konflik Interpersonal Siswa Kelas XI Di SMAT Insan Hanifa
Sumber Payung, Bagaimana Hasil Temuan Tentang Penerapan Meditasi Dzikir
Dapat Mengurangi Konflik Interpersonal Siswa Kelas XI Di SMAT Insan Hanifa
Sumber Payung.
Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan.
Penelitian ini dilakukan di SMAT Insan Hanifa Sumber Payung. Penelitian ini
dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Setiap siklus beralokasi 1x45 menit yang terdiri dari
berbagai kegiatan konseling kelompok. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini diperoleh dengan observasi, angket konflik interpersonal,
wawancara, dan dokumentasi.
Gambaran konflik interpersonal siswa di SMAT Insan Hanifa ialah bisa
dilakukan secara terang-terangan atau bahkan bisa sebaliknya akan tetapi siswa
bisa mengatasi konflik tersebut karena jika tidak bisa mengtasi dapat
memperlambat proses perkembangan selanjutnya. Dalam menerapkan teknik
meditasi dzkir peneliti menyebarkan angket dan memperoleh hasil yang tinggi dan
di ikutkan dalam konseling kelompok dengan teknik meditasi dan dari hasil
dilapangan bahwa meditasi dapat mengurangi konflik interpersonal siswa hal ini
selaras dengan pengertian meditasi dan dzikir bahwa dapat menyembuhkan dari
hal penyakit hati dan menenangkan fikiran. Dalam temuan penelitian peneliti
menemukan bahwa dalam pemeberian teknik meditasi dzkir dapat mengurangi
konflik Interpersonal siswa di SMAT Insan Hanifa dan hal ini dilihat dari hasil
persentase angket yang diisi oleh peserta didik dimana mengalami penurunan
yang awalnya pra siklus (79,00), siklus I (66,83), Siklus II (29,33)
Tidak tersedia versi lain