Text
Penerapan Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Percaya diri Dalam Belajar Kelas VIII di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan
Kata Kunci: Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Rational Emotive
Behavioral Therapy, Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti ketika
melaksanakan wawancara kepada guru BK yang ada di MTs Al Mukhlishin Galis.
Menurutnya, permasalahan yang rentan dialami oleh siswa disana adalah
kurangnya rasa percaya diri siswa terutama dalam belajar seperti siswa malu saat
disuruh mengerjakan tugas di depan kelas, malu untuk bertanya kepada guru saat
ada pelajaran yang tidak dimengerti. Kurangnya kepercayaan diri disebabkan oleh
adanya kesalahan mereka dalam berfikir. Salah satu alternatifnya yaitu
menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT),
sehingga judul dalam penelitian ini adalah “Penerapan Konseling Individu
Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dalam
Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Belajar Kelas VIII di MTs Al
Mukhkishin Galis Pamekasan”. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah :
(1) Bagaimana gambaran kepercayaan diri siswa dalam belajar kelas VIII di MTs
Al Mukhlishin Galis Pamekasan? (2) Bagaimana penerpan konseling individu
menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) dalam
meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar kelas VIII di MTs Al
Mukhlishin Galis Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan
konseling. Peneliti melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan
layanan konseling individu kepada siswa yang bertujuan untuk meningkatkan rasa
percaya diri siswa dalam belajar. Sumber data yang diperoleh melalui hasil
angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini
adalah guru BK dan wali kelas VIII.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kepercayaan diri siswa dalam
belajar kelas VIII di MTs Al Mukhlishin Galis Pamekasan masih terbilang sangat
kurang. Hal ini dipaparkan oleh guru BK dan wali kelas VIII pada saat peneliti
melakukan wawancara. 2) terdapat perbedaan skor kepercayaan diri siswa dalam
belajar sebelum dan sesudah diberikan konseling individu mengunakan
pendekatan rational emotive behavioural therapy yaitu rata-rata score pada siklus
I 76,38% dan hasil pada siklus II 61,17 %. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
konseling individu menggunakan penedekatan rational emotive behavioural
therapy (REBT) efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar
di MTs Al Mukhlishin Galis Pamekasan
Tidak tersedia versi lain