Text
Penerapan Teknik 5W+1H Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pademawu
Kata Kunci: Penerapan Teknik 5W+1H, Pada Pembelajaran Keterampilan
Menulis Teks Berita
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran keterampilan menulis teks
berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu yang masih kurang dalam
kemampuan untuk belajar bahasa indonesia terutama pembelajaran tentang
keterampilan menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan.
Teknik 5W+1H yaitu unsur yang digunakan untuk memahami inti sebuah
berita atau juga untuk menentukan suatu pokok berita. Penggunaan unsur 5W+1H
membuat berita atau cerita yang ditulis memiliki alur dan inti yang jelas.
Ada tiga fokus penelitian yang mengkaji utama dalam penelitian ini, yaitu:
Pertama: bagaimana guru menerapkan 5W+1H pada pembelajaran keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Kedua, apa
faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan teknik 5W+1H pada
pembelajaran keterampilan menulis menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2
Pademawu. Ketiga, bagaimana solusi dari faktor penghambat yang timbul pada
penerapan teknik 5W+1H pada pembelajaran keterampilan menulis teks berita
siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis dta menggunakan reduksi data, penyajian data dan
verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.sumber data yang diperoleh
observasi langsung terhadap guru dan siswa di SMPN 2 Pademawu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, memberikan gambaran
terhadap siswa tentang materi yang diajarkan tentang teks berita. Dengan cara
memberikan gambaran terlebih dahulu agar siswa lebih mudah untuk
memahaminya, siswa di suruh mencari isi dari teks berita yang ada dalam sebuah
koran atau majalah lainnya. Dan menyuruh siswa untuk menentukan unsur dari
berita yaitu 5w+1h dengan belajar berkelompok satu bangku. Dan berdiskusi
dengan teman yang lain. Agar siswa dapat mempermudah dalam mencari isi
peristiwa yang terjadi dalam berita tersebut. Kedua, faktor penghambat dan faktor
pendukung yang timbul dalam penerapan teknik 5W+1H pada pembelajaran
keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMPN 2 Pademawu. faktor
pendukungnya yaitu, siswa dapat dengan lebih mudah dalam mencari isi dari
berita. Dengan teknik itu dapat memudahkan siswa dalam berdiskusi dan
berkomunikasi dengan orang lain. Adapun faktor penghambat yaitu timbul pada
kemampuan dari masing-masing siswa dalam berbahasa indonesia dan siswa
masih kurang mampu untuk membedakan unsur teknik 5w+1h antara mengapa
dan bagaimana. Sehingga siswa masih kurang mampu dalam menyusun sebuah isi
berita dengan benar dan rinci. Ketiga, guru sering memberikan latian soal
terhadap siswa yang masih kurang mampu dalam kemampuan untuk belajar. Bagisiswa yang kesulitan dalam membedakan antara mengapa dan bagaimana guru
membagikan menjadi beberapa kelompok antara siswa yang kemampuannya
lebih mampu dan siswa yang kemampuannya kurang mampu dalam segi
pembelajaran belajar. Agar siswa lebih cepat dalam memahami dan menyusun
suatu berita menjadi berita yang baik
Tidak tersedia versi lain