Text
Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Teknik Simak Ulang Ucap di Kelas V SDN Kolpajung 2,
Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan Menyimak, Teknik Simak Ulang Ucap
Kegiatan menyimak yang terjadi pada situasi di dalam kelas seringkali
menunjukkan beberapa fenomena yang membuat siswa harus menyimak dengan sangat
teliti. Sehingga sebagian siswa seringkali tidak bisa mengikuti apa yang sedang
dipelajari karena memiliki keterampilan menyimak yang kurang. Rendahnya
keterampilan menyimak siswa pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor
misalnya faktor fisik dan psikis. Namun peneliti menemukan fakta di lapangan yaitu
pada siswa kelas V SDN Kolpajung 2 Pamekasan bahwa keterampilan menyimak siswa
dalam proses belajar di dalam kelas masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti
berinisiatif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa dengan menerapkan
teknik simak ulang ucap dengan memperkenalkan bunyi Bahasa dan cara
mengucapkannya. Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu yang
pertama bagaimana peningkatan keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia menggunakan Teknik simak ulang ucap di kelas V SDN Kolpajung 2
Pamekasan? Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan
keterampilan menyimak menggunakan Teknik simak ulang ucap di kelas V SDN
Kolpajung 2 Pamekasan?
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Kolpajung 2 Pamekasan dengan subjek penelitian siswa kelas V
yang memiliki absen ganjil berjumlah 14 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4
siswa perempuan. Penulis menggunakan model penelitian tindakan kelas yang
dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes kinerja, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis
data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama teknik simak ulang ucap mampu
meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SDN Kolpajung II Pamekasan.
Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil yang diperoleh siswa pada setiap tahap, yaitu pada
tahap pra siklus hasil yang diperoleh oleh peneliti hanya berjumlah 43,56, kemudian
setelah diterapkan Teknik simak ulang ucap siklus I mengalami sedikit peningkatan
sehingga menjadi 58,06, peningkatan terjadi pada siklus II dengan jumlah 77,83.
Kedua, terdapat beberapa faktor pendukung dalam kegiatan penelitian keterampilan
menyimak siswa yaitu faktor psikologis siswa, faktor lingkungan sekitar, faktor
motivasi siswa, dan teks cerita yang menarik yang disampaikan oleh peneliti.
Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan penelitian keterampilan menyimak
siswa adalah faktor lingkungan dan teman, faktor psikologis (ingatan), dan faktor
kebosanan dari masing-masing siswa.
Tidak tersedia versi lain