Text
Urgensi Penggunaan Metode Instruksional Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMAN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Metode Intruksional, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Negeri 3 Pamekasan dimana terdapat beberapa siswa yang mengalami berkurangnya minat dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut guru pendidikan agama Islam berinisiatif dengan menggunakan metodeintruksionaluntuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana tahapan penggunaan metode instruksional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas XI SMAN 3 PamekasanKedua, Apa saja kelebihan dan kekuranganpenggunaan metode instruksional dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Kelas XI SMAN 3 Pamekasan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Tahapanpenggunaan metode instruksional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas XI SMAN 3 Pamekasanialah a). Guru terlebih dahulu menyusun pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa b). Guru menyebutkan karakteristik yang berhubungan dengan rancangan belajar siswa terhadap materi pelajaran pendidikan agama Islam c). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh setiap siswa d). Guru membuat kisi-kisi pelajaran terhadap materi pendidikan agama Islam kemudian disampaiakan kepada siswa e). Guru menguji kemampuan awal yang dimiliki oleh setiap siswa f). Guru menentukan bahan pelajaran yang dibutukan pada saat proses pembeajaran pendidikan agama Islam seperti buku-buku yang ada di perpustakaan g). Guru juga memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan oleh siswa h). Gurumelakukan evaluasi hasil belajar. Kedua,Kelebihan dan kekurangan penggunaan metode instruksional ialah a). kelebihan metode pembelajaran intruksional ialah siswa lebih semangat dan antusias atau aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam. b). kekurangan metode pembelajaran intruksional ialah memerlukan banyak tahapan-tahapan yang harus di lakukan oleh guru pendidikan agama Islam sebelum menerapkan metode pembelajaran intruksional ini pada saat proses pembelajaran pendidikan agama Islam.
Tidak tersedia versi lain