Text
Pengaruh Perilaku Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Al-Mukhlisin Galis Pamekasan
Kata kunci : Bermain Game Online, Prestasi belajar Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dimana pada
zaman sekarang ini pelaku game online sudah menjamur dimana-mana. Baik
pelakunya mulai dari yang muda hingga yang tua, terlebih yang dominan yaitu
kalangan pelajar. Game online digunakan atau dimanfaatkan untuk hiburan juga
mengusir kepenatan dalam melakukan kegiatan setiap harinya. Pada kenyataanya
yang sering di temui bahwa permainan itu disalah gunakan yang menyebabkan
kebiasaan dan menjadikan individu tersebut menjadi kecanduan sehingga
ketergantungan terhadap permainan tersebut dan berdamapak pada sikap atau
perilaku individu tersebut baik secara fisik maupun non fisik. Salah satu dampak
negatif yang sangat dapat dirasakan oleh kaum pelajar yaitu menyebabkan malas
belajar. sehingga judul dalam penelitian ini adalah “Pengaruh Perilaku Kebiasaan
Bermain Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Al-Mukhlisin
Galis Pamekasan”. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Adakah
pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap hasil belajar siswa di MTs AlMukhlisin Galis Pamekasan ? 2) Seberapa besar pengaruh kebiasaan bermain
game online terhadap hasil belajar siswa di MTs Al-Mukhlisin Galis Pamekasan ?
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif.
Lokasi dalam penelitian ini yaitu di MTs Al-Mukhlisin Galis Pamekasan.
Intrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket Game Online yang
diberikan kepada semua populasi yang dimana populasi < 100. Untuk proses
analisi data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan game online
sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Bahwa dalam pembahasan ini
1) ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan bermain game online terhadap
prestasi siswa di MTs Al-Mukhlisin Galis Pamekasan, dari hasil nilai t hitung
sebesar -2.705 lebih besar > dari t table 2.052 maka dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh kebiasaan bermain atau
kecanduan game online (X) terhadap prestasi belajar (Y). 2) Sedangkan besarnya
pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap prestasi belajar siswa di MTs
Al-Mukhlisin Galis Pamekasan. pada R Square sebesar 0.213, di akumulasikan
kedalam persentase yaitu 21.3% dan dibulatkan menjadi 21%, maka dapat
dikatakan bahwa pengaruh variable bebas (X) terhadap variable terikat (Y) =
21%. Pengaruh ini bermakna semakin sering bermain peserta didik terhadap game
online maka akan berpengaruh terhdap peningkatan prestasi belajarnya. kebiasaan
bermain game online (X) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 21% dan 79% yang
lainnya di pengaruhi oleh variable yang lainnya.
Tidak tersedia versi lain