Text
Kesantunan Berbahasa Pada Tuturan Penjual dan Pembeli di Pasar Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Menurut Teori Leech
Kata Kunci: Kesantuanan Berbahasa, Tuturan Penjual dan Pembeli
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap
kesantunan berbahasa dalam tuturan penjual dan pembeli di pasar Blumbungan.
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam tuturan
penjual dan pembeli tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua rumusan masalah yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini pertama, Bagaimana Wujud
Pematuhan Prinsip Kesantunan Berbahasa Menurut Teori Leech pada Tuturan
Penjual dan Pembeli di Pasar Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten
Pamekasan. Kedua, Bagaimana Wujud Pelanggaran Prinsip Kesantunan
Berbahasa Menurut Teori Leech pada Tuturan Penjual dan Pembeli di Pasar
Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis
penilitiannya Deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah dokumentasi wujud
pematuhan, pelanggaran prinsip kesantunan, dan skala kesantunan. Sumber data
dalam penelitian ini adalah penjul dan pembeli di pasar Blumbungan, datanya
berupa tuturan penjual dan pembeli. Teknik pengumpulan data yaitu teknik
observasi, Teknik simak dan catat, telnil rekam. Analisis data kualitatif
dilakukansecara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas,
sehingga datanya sudah jenuh. Aktifitas dalam analisi data yaitu reduksi data,
penyajian data, dan menyimpulkan atau verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah wujud pematuhan prinsip kesantunan berbahasa
yang meliputi 3 maksim kebijaksanaan, 3 maksim kedermawanan, 3 maksim
penghargaan, 1 maksim kesederhanaan, 4 maksim pemufakatan dan 3 maksim
kesimpatian. Wujud pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa yang meliputi 2
maksim kebijaksanaan, 2 maksim kedermawanan, 2 maksim penghargaan, 1
maksim kesederhaan, 1 maksim pemufakatan dan 1 maksim kesimpatian. Skala
kesantunan Leech dalam tuturan penjual dan pembeli tersebut meliputi skala
kerugian dan keuntungan, skala pilihan, skala ketidak langsungan, skala
keotoritasan, dan skala jarak sosial.
Tidak tersedia versi lain