Text
Urgensi Program Akselerasi Fikihs dalam Menciptakan Generasi Faqih dan Afqoh di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan
Kata Kunci: Akselerasi Fikihs, Generasi Faqih dan Afqoh.
Pondok pesantren yang senantiasa dikenal sebagai pondok salafi yang
dicirikan mempertahankan tradisi pembelajaran ilmu fikih tradisional seperti
model sorogan, bandongan, dan weton, sejak tahun 2012 salah satu pondok
pesantren yaitu Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan menyediakan satu program
akseleratif untuk mempermudah penguasaan dan kemampuan memahami Ilmu
Fikih dalam hal ini dikemas atau diberi nama dengan Fikihs (Fikih Subtansi).
Penelitian ini memiliki empat fokus penelitian sebagai berikut: Pertama: Apa
yang melatarbelakangi munculnya program akselerasi fikihs di Pondok Pesantren
Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Kedua: Bagaimana pelaksanaan program
akselerasi fikihs di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Ketiga:
Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam program akselerasi fikihs di
Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Keempat: Bagaimana hasil
pelaksanaan program akselerasi fikihs dalam menciptakan generasi faqih dan
afqoh di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber
data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan
dan dokumentasi, sedangkan yang menjadi informan adalah santri akselerasi
fikihs, tenaga pengajar program akselerasi fikihs, dan kepala badan otonom
Fikihs. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triagulasi
sumber dan waktu.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1). Latar belakang munculnya
program akselerasi fikihs di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Panaan
Pamekasan yaitu program yang lahir karena mengingat dan menimbang
kebutuhan santri yang amat banyak dalam memperkaya keilmuan mereka dalam
bidang fikih. Program tersebut berada dalam naungan otonom M2KD yang
penggagasnya beliau RKH. Tohir Zain. 2). Pelaksanaan program akselerasi fikihs
dilihat dari manajemen penyelenggaraan program akselerasi antara lain adalah
rekrutmen santri dan kegiatan pembelajaran. 3). Faktor pendorong dan
penghambat program akselerasi fikihs. 1. Faktor pendorong dilihat dari faktor
internal dan eksternal: a. kesamaan tekad antara pengasuh, pengurus,
pembimbing, dan peserta didik (santri). b. Rasio perbandingan guru pembimbing
dengan peserta didik ideal b. Fasilitar belajar dan asrama yang standar. c.
Dukungan Dewan A’wan atau pengasuh yang sangat besar. 2. Faktor penghambat
a.Semangat belajar peserta didik yang fluktuatif. b. Perbedaan masing-masing
peserta didik c. Kesulitan pembimbing untuk membuat rasa nyaman bagi peserta
akselerasi, sehingga merasa kerasan berada di pondok. 4).Hasil pelaksanaan
program akselerasi Fikihs yaitu akan menciptakan generasi yang faqih dan afqoh
Tidak tersedia versi lain