Text
Analisis Makna Teks Persuasi pada Ruang Publik di Desa Larangan Badung Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Analisis Makna, Persuasi, Ruang Publik.
Penelitian ini menganalisis tentang persuasi yang ada pada ruang publik di
Desa Larangan Badung Kabupaten Pamekasan. Permasalahan dalam penelitian ini
dilatarbelakangi oleh banyaknya ruang publik sebagai alat promosi untuk
mempromosikan produknya dengan menggunakan bahasa persuasi dalam
mengajak, membujuk dan mempengaruhi pembaca untuk mengikuti apa yang
diinginkan oleh persuasi sendiri. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga rumusan
masalah yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana bentuk makna persuasi rasionalisasi pada ruang publik di desa
Larangan Badung. Kedua, Bagaimana bentuk makna persuasi identifikasi pada
ruang publik di desa Larangan Badung. Ketiga, Bagaimana bentuk makna
persuasi sugesti pada ruang publik di desa Larangan Badung. Tujuan penelitian
yaitu untuk mengetahui bahasa persuasi yang ada di ruang publik di desa
Larangan Badung.
Peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dan
merupakan jenis pustaka. Sumber data yang di peroleh berupa banner, pamflet,
poster, dan sepanduk yang ada pada ruang publik di Desa Larangan Badung..
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak, teknik catat dan
dokumentasi. Analisis data yang di gunakan yaitu identifikasi, klasifikasi,
interpretasi, deskripsi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
tringulasi sumber dan trigulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa persuasi pada
ruang publik di desa Larangan Badung terdapat 50 data. Pertama, terdapat 19 data
yang menggunakan bahasa persuasi rasionalisasi dalam mempengaruhi konsumen
atau pembaca seperti yang telah diharapkan oleh persuasi. Kedua, terdapat 11 data
yang menggunakan bahasa persuasi identifikasi dalam mempengaruhi konsumen
atau pembaca. Ketiga, terdapat 20 data yang menggunakan bahasa persuasif
sugesti dalam mempengaruhi konsumen atau pembaca seperti yang telah
diharapkan oleh persuasi.
Tidak tersedia versi lain