Text
Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan,
Kata Kunci: Model, Team Games Tournament, Bahasa Indonesia
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V
SDN Duko Timur 1 Pamekasan, siswa kelas V yang masih kurang dalam minat
belajarnya terutama pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui belajar siswa kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan.
Ada tiga fokus penelitian yang mengkaji utama peneliti ini, yaitu: Pertama,
bagaimana penerapan model team games tournament (TGT) dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan. Kedua, apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam menerapkan model team games tournament
(TGT) dalam pembelajara Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1
Pamekasan. Ketiga, bagaimana sulusi guru dalam mengatasi faktor penghambat
dalam penerapan model team games tournament (TGT) dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif jenis
deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Dengan penerapan model team games tournament dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia di kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan, diperoleh hasil guru
kelas V SDN Duko Timur 1 Pamekasan telah menerapkan motel team games
tournament (TGT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, model tersebut dapat
bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkangkan kemampuan siswa dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam hal ini guru menerapkan pembelajaran
dengan cara, mempersiapkan RPP, menyampaikan tujuan pembelajaran, tanya
jawab, siswa berdiskusi dengan kelompoknya, permaianan model team games
tournament (TGT), dan penutup.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan model team
games tournament (TGT) di kelas V melalui 3 tahapan diantaranya kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup, tiga tahapan tersebut dilakukan sesuai dengan
perencanaan yang sudah dibuat oleh guru dengan memperhatikan capain dan
indicator pembelajaran. Kedua, faktor pendukung: sarana dan prasarana yang
memadai, yang bisa mendukung saat proses pembelajaran berlangsung seperti
media pembelajaran, proyektor, dan audio visual, dan semangat siswa yang tinggi.
Faktor penghambat: masih ada sebagian siswa yang masih kurang percaya diri
memberikan jawaban kepada temannya yang memberikan soal terkait pembelajaran
bahasa Indonesia, suasana kelas yang kurang kondusif dan keterbatasan waktu
karena kendala Covid-19. Ketiga, guru memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dalam minat belajarnya guru memberikan motivasi berupa bimbingan
khusus kepada siswa yang kurang minat belajarnya.
Tidak tersedia versi lain