Text
Efektifitas Teknik Role Playing Untuk meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti saat
melaksanakan wawancara kepada guru BK SMPN 3 Pademawu. Menurutnya,
permasalahan yang sering terjadi kepada siswa adalah kurangnya percaya diri
yang disebabkan karena kurangnya kemampuan penyesuaian diri siswa terhadap
lingkungan sekolah. Ketidakmampuan penyesuaian diri ini berdampak pada
kepercayaan diri siswa di dalam kelas, siswa kurang yakin akan kemampuan
pribadinya, siswa belum yakin dapat mengerjakan tugas dengan baik, siswa masih
belum lancar ketika berbicara di depan kelas, selalu merasa bahwa
kemampuannya lebih rendah daripada peserta didik yang lain, dan masih takut
untuk bertanya kepada guru. Permasalahan ini dapat dibantu dengan Teknik Role
Play yang bertujuan untuk membantu individu memahami dirinya sendiri dan
melakukan perubahan dalam dirinya. Sehingga judul dalam penelitian ini adalah
“Efektivitas Teknik Role Playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di
SMPN 3 Pademawu Pamekasan”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini,
adalah: 1) Apakah teknik Role Playing efektif dapat meningkatkan kepercayaan
diri siswa?, 2) Seberapa besar perbedaan skor kepercayaan diri siswa antara
sebelum dan sesudah diberikan teknik Role Playing pada siswa di SMPN 3
Pademawu Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan jenis penelitian
design pre experimental. Bentuk rancanangan penelitian ini adalah one group pre
test-post test, yaitu pengukuran di awal dan di akhir. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini berupa angket kepercayaan diri yang diberikan kepada
sampel dengan teknik purposive sampling (Sampel bertujuan). Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sesuai dengan rekomendasi guru BK yang
ada di sekolah. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan analisis non
parametrik dengan analisa wilcoxon.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Teknik Role playing
efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, 2) terdaat perbedaan
kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Role playing yaitu
rata-rata hasil pre test 62,17 dan hasil post test 77,7. Berdasarkan hasil uji analisis
wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,027 < 0,05 (taraf kesalahan 5%) dan nilai
Z 2,214 > 1,645 (Zhitung > Ztabel). Sehingga Ha dalam penelitian ini diterima,
hal ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengann teknik Role
Playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 3
Pademawu
Tidak tersedia versi lain