Text
Analisis Kiasan Mario Teguh Pada Acara Golden Ways di Metrro TV Menurut Kajian Retorika
Kata Kunci : Bahasa Kiasan, Retorika
Penelitian tentang analisis kiasan pada acara Golden Ways Mario
Teguh di Metro TV ini bertujuan untuk (1 ) menganalisis penggunaan
kiasan pada acara Golden Ways yang meliputi kiasan metafora,
sinekdokde, dan metonimia dan (2) mendeskripsikan persamaan dan
perbedaan antara kiasan metafora, sinekdokde, dan metonimia.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
studi deskriptif kualitatif. Jenis penelitiannya adalah studi kepustakaan.
Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu dalam
penelitian ini adalah kiasan Mario Teguh pada acara Golden Ways di Metro
TV yang diperoleh dari youtobe yang kemudian peneliti unduh. Sedangkan
sumber data sekunder yang diambil oleh peneliti bersumber dari studi
pustaka berupa buku, jurnal, skripsi dan lain-lain yang berkaitan dengan
topik penelitian. Bentuk data dalam penelitian ini adalah semua bahasa
kiasan metafora, sinekdoke, dan metonimia yang digunakan Mario Teguh
dalam video youtobe yang telah diunduh oleh peneliti tentang acara
Golden Ways. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak
dengan teknik simak libat cakap, teknik catat, dan teknik dokumentasi.
Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji credibility yang meliputi
meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, mengadakan
membercheck, dan trianguasi waktu.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : pertama, peneliti
menemukan bentuk kiasan metafora sebanyak 33 data, bentuk kiasan
sinekdoke sebanyak 28 data, serta bentuk kiasan metonimia sebanyak 9
data. Kedua, peneliti menemukan makna kiasan metafora, sinekdoke, dan
metonimia yang dijelaskan melalui persamaan dan perbedaan antara
kiasan metafora, sinekdoke, dan metonimia
Tidak tersedia versi lain