Text
Efektivitas Teknik Positive Reinforcement Dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa Smk Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan Pamekasan
Kata Kunci : Teknik Positive Reinforcement, Self-Esteem (Hagra Diri ) siswa.
Penelitian ini di latar belakangi oleh Permasalahan siswa yang dimana siswa
kurang menghargai dirinya sendiri, serta kuransg mengahrgai kemapuan dan
potensi yang mereka miliki. Teknik positive reinforcement ini sangat cocok
digunakan untuk meningkatkan Self-Esteem siswa karena teknik ini bertujuan agar
siswa lebih menghargai dirinya sendiri dan dapat mengulang perilaku tersebut.
Selain itu, teknik ini juga bisa mengubah pola pikir siswa yang tadinya negatif
menjadi pikiran yang positif dengan cara diberikan sebuat penguatan positif atau
riward. Adapun rumusan masalah penelitian ini, adalah: 1) Apakah Teknik positive
reinforcement dapat meningkatkan self esteem siswa di SMK Miftahul Ulum Kebun
Baru Kacok Palengaan Pamekasan? 2) Apakah ada perbedaan yang signifikan pada
skore self esteem siwa di SMK Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok Palengaan
Pamekasan antara sebelum dan sesudah diberikan teknik positive reinforcement ?
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dan jenis penelitian preeksperimental dengan menggunakan pre-test dan post-tes yaitu pengukuran diawal
dan di akhir. Metode pengumpulan yang digunakan adalah berupa angket dan
wawancara yang diberikan kepada sampel dengan teknik purposive sampling yaitu
sampel bertujuan. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XII RPL A sesuai
dengan hasil observasi yang berjumlah 8 orang. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik non parametrik dengan uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Teknik Positive Reinforcement
dapat meningkatkan Self-Esteem siswa. 2) Terdapat berbedaan skor tingkat SelfEsteem sebelum dan sesudah diberikan teknik Positive Reinforcement. Berdasarkan
hasil uji wilcoxon diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) yaitu sebasar= 0,012 lebih
kecil atau () dari
Ztabel yaitu -1,645, maka Ha diterima. Sehingga penelitian ini Ha diterima dan Ho
ditolak. Dan terdapat perbedaan skor yaitu dari jumlah keseluruhan nilai Post-Test
yaitu 507 meningkat menjadi 556 untuk nilai Post-Test setelah diberikan tratment.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa teknik Positive Reinforcement efektif dalam
meningkatkan Self-Esteem siswa SMK Miftahul Ulum Kebun Baru Kacok
Palengaan Pamekasan
Tidak tersedia versi lain