Text
Efektivitas Penggunaan Media Power point Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pamekasan
Kata kunci : Efektivitas, Power Point, SKI
Apabila dalam proses pembelajaran peserta didik mempunyai ketertarikan terhadap
materi pelajaran dan didukung oleh guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang menarik
sehingga peserta didik menjadi tertarik untuk mempelajari materi maka keberhasilan kegiatan
pembelajaran akan mudah tercapai. Salah satu cara agar proses pembelajaran menarik adalah
dengan menggunakan media pembelajaran salah satunya dengan menggunakan power point.
Terdapat tiga rumusan masalah dalam kajian ini. Pertama, Bagaimana efektivitas
Penggunaan Media Power point terhadap minat belajar SKI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
2 Pamekasan?, Kedua, Apa saja Kelebihan Penggunaan Media Power point terhadap minat
belajar SKI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pamekasan ? dan ketiga Apa saja Kelemahan
Penggunaan Media Power point terhadap minat belajar SKI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
2 Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian adalah studi penelitian
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru SKI, dan siswa/siswi.
Adapun pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah secara bertahap. Pertama; pengumpulan data, kedua mereduksi data
dengan menyeleksi dan mengelompokkan, ketiga display data, dan yang terakhir menyimpulkan
data.
Hasil penelitian ini adalah; 1) Keefektivan penggunaan media Power Point terhadap
minat pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pamekasan yaitu dikatakan cukup efektif
dalam penggunaan media Power Point. 2) Kelebihan dalam dalam penggunaan media Power
Point terhadap minat pembelajaran SKI adalah sebagai media interaktif. Memberikan
pengalaman lebih nyata serta dapatdisajikandengan lebih mudah dipahami. Penggunaan media
dapat menambah motivasi belajar siswa sehingga perhatian siswa terhadap materi pelajaran SKI
dapat lebih meningkat. 3)keterbatasan penggunaan media Power Point dalam pembelajaran SKI
yaitu kurangnya penggunaan atau cara mendesain power point yang menarik, kurangnya
ketersediaan LCD Proyektor, perbedaan peserta didik dalam memahami program Power Point,
kurangnya peserta didik dalam memahami materi.
Terdapat beberapa saran yang perlu penulis sampaikan: kepada kepala Sekolah,
diharapkanKelengkapan Sarana prasaran dan fasilitas terutama dalam penyediaan LCD
proyektor. Kepada Guru, diharapkan Guru perlu memiliki keterampilan menggunakan
mediapower point sebagai bekal untuk menciptakan pembelajaran yang efektifdan
menyenangkan
Tidak tersedia versi lain