Text
Upaya Guru Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembiasaan di SLB Api Alam Pamekasan
Kata Kunci: UpayaGuru PAI, Kedisiplinan Belajar, Metode pembiasaan
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SLB Api
Alam Pamekasan, terdapat Guru PAI berupaya meningkatkan kedisiplinan
belajar siswa yang memiliki kekurangan dengan menggunakan Metode
Pembiasaan oleh Guru PAI di SLB Api Alam Pamekasan, hal ini dilakukan
karena layanan pendidikan tidak hanya di peroleh oleh anak yang normal saja
akan tetapi anak yang mempunyai kekurangan juga berhak memperoleh
layanan pendidikan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Mengingat dalam meningkatkan kedisiplinan belajar bagi siswa yang
mempunyai keterbatasan sangat sulit maka di perlukan metode pembiasaan
untuk membiasakan siswa dalam kehidupan sehari hari yang di terapkan di
lingkungan dan keluarga.Ada dua fokus yang menjadi kajian utama peneliti,
yaitu: 1) Bagaimana Upaya Guru PAI Meningkatkan Kedisiplinan Belajar
Siswa Menggunakan Metode Pembiasaan di SLB Api Alam Pamekasan 2) Apa
Faktor Pendukung dan Penghambat Guru PAI dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Siswa di SLB Api Alam Pamekasan.
Penelitian ini merupakan pelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi
data dan menyajikan data menyajikan data dan verifikasi data. Data yang
diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan peneliti, dan trianggulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Upaya Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Meningkatkan kedisiplinan belajar siswa melalui metode
pembiasaan yaitu: a) Guru Membiasakan siswa berdoa sebelum memulai
pelajaran dan mengakhiri pelajaran. b) Memberikan Bimbingan dan Motivasi
belajar kepada siswa pada saat proses pembelajaran. c) Memberikan Reward
dan Stimulus untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 2) Faktor
Pendukung dan Penghambat Guru Pendidikan agama islam Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SLB Api Alam Pamekasan,
faktor penghambatnya yaitu: a) Faktor internal siswa, sebagian orang tua tidak
mendukung anaknya belajar dan dan sebagian ada yang memberikan dukungan
b) Keterbatasan waktu guru dalam mengajar dan menerapkan metode
pembelajaran. Faktor pendukungnya yaitu: a) Profesionalisme guru dalam
mengelola pembelajaran b) Media Pembelajaran yang mendukung
pembelajaran yang dikelola oleh Guru Pendidikan Agama Islam
Tidak tersedia versi lain