Text
Penerapan Amaliyah At-Tadris (Micro Teaching) dalam Pembelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di Madrasah Ummul Quro At- Tarbawiyah Plakpak Pagantenan Pamekasan
Kata Kunci: Micro Teaching, SKI, Hambatan.
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sering dianggap mata pelajaran
yang membosankan termasuk mata pelajaran SKI. Akan tetapi hal itu bisa teratasi
apabila guru dapat menciptakan pembelajaran SKI yang lebih menyenangkan dan
tentunya lebih bermakna, oleh karena itu guru perlu memiliki berbagai kemampuan
untuk menciptakannya, Salah satunya dengan mengetahui berbagai keterampilan
dasar mengajar. Dan para guru atau calon guru bisa dengan mudah mempelajari itu
dengan mengikuti kegiatan micro teaching. Micro Teachig merupakan salah satu
cara latihan praktek mengajar yang dilakukan dalam proses belajar mengajar yang
di sederhanakankan untuk membentuk, mengembangkan keterampilan mengajar.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana pelaksanaan Amaliyah At- Tadris (Micro Teaching) dalam pembelajaran SKI di Madrasah Ummul Quro At- Tarbawiyah; Kedua, Apa saja fakor pengambat pada pelaksanaan Amaliyah At- Tadris (Micro Teaching) dalam pembelajaran SKI di Madrasah Ummul Quro At- Tarbawiyah.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan
kualiatatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah
Ummul Quro At-Tarbawiyah Plakpak Pagantenan Pamekasan. Sumber data yang
diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (terstruktur) kepada pihak yang
bersangkutan, observasi (non partisipan), dan dokumentasi, dengan informan ketua
Dewan Asatidz, panitia pelaksana, pembimbing dan peserta Amaliyah At-Tadris
(Micro Teaching) sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui triangulasi
metode dan sumber.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan
Amaliyah At-Tadris (Micro Teaching) di Madrasah Ummul Quro At-Tarbawiyah
meliputi beberapa tahap yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap peserta yag
akan melaksanakan program Amaliyah At-Tadris (Micro Teaching). Tahapan
tersebut diantaranya tahap pengenalan konsep Amaliyah At-Tadris (Micro
Teaching, tahap latihan, dan tahap pelaksanaan Amaliyah At-Tadris (Micro
Teaching) itu sendiri dan setelah pelaksanannya langsung memperoleh umpan balik
berupa penilaian yang dilakukan oleh sesama peserta dan pembimbing. Dan ada
beberapa fakor yang menghambat pelaksanaan Amaliyah At-Tadris (Micro
Teaching) pada mata pelajaran SKI ini diantaranya: materi pembelajaran, kesiapan
peserta, dan kurangnya kemampuan peserta dalam menggunakan keterampilan
dasar mengajar
Tidak tersedia versi lain