Text
: Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Psychological Well- Being pada Siswa di MA An-Najah I Karduluk Sumenep
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok,
Psychological Well- Being
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang tingkat
psychological well- beingnya rendah dimana mereka memiliki potensi
namun mereka malu, enggan, ataupun sungkan mengaktualisasikan potensi
mereka. Bahkan siswa tersebut kurang menerima segala bentuk kekurangan
dan kelebihan meraka. Siswa tersebut bukan tidak mampu, hanya saja
psychological well- being yang mereka miliki masih rendah. Dalam
penelitian ini memiliki 2 tujuan, yaitu 1) untuk mengetahui keefektivan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam
meningkatkan psychological well- being pada siswa di MA An-Najah I
Karduluk Sumenep 2) untuk mengetahui adanya perubahan skor yang
signifikan pada skor psychological well- being pada siswa di MA An-Najah
I Karduluk Sumenep setelah diberikan treatment berupa bimbingan
kelompok dengan teknik diskusi kelompok.
Dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian berupa
rancangan eksperimen one-group pretest-posttest. Dimana metode
pengumpulan datanya menggunakan skala psychological well- being dan
wawancara sebagai pendukung. Adapun analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk
meningkatkan psychological well- being pada siswa di MA An-Najah I
Karduluk Sumenep. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai signifikansi (2-
tailed) adalah 0,001 < 0,05 dan ditunjukkan dari hasil t hitung sebesar 4,044
> t tabel 1,729 yang berarti ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap
variabel terikat (Y).
Dari hasil uji paired sample correlations menunjukkan adanya
korelasi antara treatment bimbingan kelompok dengan teknik diskusi
kelompok dalam meningkatkan psychological well- being. Hal tersebut
dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,882 dan mendekati angka 1 yang
artinya menunjukkan adanya korelasi. Dilihat pula dari hasil signifikansi
vi
yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan diartikan ada
perbedaan yang bermakna pada skor psychological well- being dilihat dari
nilai pretest dan posttest. Adapun nilai rata-rata pretest sebesar 77,10 dan
nilai rata-rata posttest sebesar 79,85. Berdasarkan hasil wawancara yang
dilakukan peneliti menunjukkan bahwa psychological well- being meningkat
setelah diberikan treatment
Tidak tersedia versi lain