Text
Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone Terhadap Akhlaq Mahasiswa Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Madura
Kata Kunci: Alat Komunikasi, Handphone, Akhlaq
Menggunakan handphone memang menyenangkan sehingga banyak orangorang lupa aturan kapan dan dimana mereka mahasiswa khususnya harus
menggunakan hanphone dan tidak menutup kemungkinan mereka
menggunakannya di dalam ruangan kellas saat jam pelajaran berlangsung. Maka
hal tersebut sudah jelas merupakan kegiatn yang dapat mengganggu konsentrasi
saat dia belajar dan teman sekitarnya juga bisa membuat temannya akan ikut
terganggu, dan hal ini dapat mempengaruhi kualitas proses pendidikan yang sedang
berlangsung.
Permasalahan yang ada pada penelitian ini menimbulkan rumusan masalah
yang menjadi kajian utama, yaitu (1) Apakah ada pengaruh alat komunikasi
handphone terhadap akhlak mahasiswa. (2) Seberapa besar pengaruh alat
komunikasi handphone terhadap akhlaq mahasiswa. Dari rumusan itulah Sehingga
timbul tujuan pada penelitian ini : Untuk mengetahui apakah ada pengaruh alat
komunikasi handphone terhadap akhlak mahasiswa dan juga untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh alat komunikasi handphone terhadap akhlak mahasiswa.
Adapun pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kuantitatif korelasional, dimana yang menjadi sumber data penelitian ini adalah
Prodi PAI Fakultas Farbiyah IAIN Madura, Dosen, Mahasiswa, lalu pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, serta
dokumentasi. Sedabfkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
korelasi product moment karena penelitian ini terkait dengan ada tidaknya pengaruh
pada variabel yang ada yang berjenis data ordinal.
Adapun hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh
Penggunaan Alat Komunikasi Handphone Terhadap Akhlaq Mahasiswa Program
studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Madura. Dalam hal ini telah
dibuktikan dari hasil analisis dari product moment yang telah mengeluarkan hasil
bahwa nilai dari “r” kerja yaitu 0,204 dimana hasil ini lebih besar dari nilai “r” kerja
tabel product moment dimana besaran N pada penelitian ini = 100 dalam interval
kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0,202 dan sedangkan dalam interval
kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,236, dan besaran pengaruh pada
penelitian ini adalah lemah atau rendah. Hal ini telah dibuktikan menggunakan hasil
analisis data statistik dan product moment yang telah menunjukkan bahwa “r” kerja
yaitu 0,204 berada pada interval koefisien 0,20 − 0,40
Tidak tersedia versi lain