Text
Dampak Konformitas terhadap Perilaku Malas Belajar pada Siswa Kelas XII SMK Islam Empu Gennah Desa Kertagena Laok Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Konformitas, Malas Belajar.
Konformitas atau perilaku ikut-ikutan merupakan suatu fenomena yang
lumrah di kalangan remaja, perilaku ini sudah melekat erat dalam diri setiap
siswa, sehingga perilaku tersebut menjadi kebiasaan dalam kehidupan bagi setiap
siswa, perilaku konformitas ini dilakukan oleh individu bukan atas dasar
keinginan pribadi, melainkan karena ingin menyesuaikan dengan perilaku orang
lain agar sejajar atau sama rata dengan perilaku orang yang ia tiru. Pada masa
tersebut, remaja sedang menempuh proses belajar, sehingga tidak dapat dipungkiri
bahwa perilaku ikut-ikutan sedikit banyak memberikan dampak yang negatif
terhadap perilaku malas belajar pada siswa.
Berdasarkan penjelasan di atas, muncul beberapa fokus penelitian sebagai
berikut: pertama, apa saja bentuk-bentuk perilaku konformitas siswa kelas XII di
SMK Islam Empu Gennah Desa Kertagena Laok Kadur Pamekasan. Kedua, apa
saja faktor penyebab konformitas siswa kelas XII di SMK Islam Empu Gennah
Desa Kertagena Laok Kadur Pamekasan. Ketiga, bagaimana dampak konformitas
terhadap perilaku malas belajar pada siswa kelas XII SMK Islam Empu Gennah
Desa Kertagena Laok Kadur Pamekasan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Sumber data didapatkan dari wawancara, obeservasi,
serta dokumentasi. Sementara yang menjadi sumber data yaitu kepala sekolah,
wali kelas atau guru pengajar, dan siswa kelas XII.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk-bentuk perilaku
konformitas yang terdapat di kelas XII SMK Islam Empu Gennah yaitu menuruti
atau melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru kepada mereka, penerimaan
siswa yang mengikuti perilaku diam yang dilakukan oleh siswa yang lain, dan
kepatuhan siswa terhadap guru untuk menghindari hukuman yang berlaku
sehingga siswa bertindak sesuai arahan dan petunjuk dari guru. Kedua, faktor
yang menyebabkan perilaku konformitas pada siswa kelas XII SMK Islam Empu
Gennah adalah faktor persepsi yaitu adanya rasa percaya dari siswa terhadap
pendapat atau pandangan dari anggota kelompok lainnya dan keterpaduan atau
keselarasan yaitu siswa memilih pendapat yang sama dengan kelompok mayoritas
karena adanya perasaan yang serasi atau selaras pada setiap individu. Ketiga,
dampak konformitas terhadap perilaku malas belajar pada siswa kelas XII SMK
Islam Empu Gennah yaitu meninggalkan kewajiban untuk belajar, menurunkan
minat belajar siswa kelas XII, dan menghambat pola pikir kreatif dalam diri siswa
Kelas XII
Tidak tersedia versi lain