Text
Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Pademawu
Maufiratul Laili, 2021: Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Pademawu, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura), Dosen Pembimbing Diana Vidya Fakhriyani, M.Psi.
Kata Kunci : Kenakalan Remaja, Prsestasi Belajar.
Prestasi belajar sangat penting bagi semua individu karena prestasi belajar adalah aktivitas dalam belajar yang dilakukan berdasarkan dengan hasil dari proses kegiatan belajar selama di sekolah. Prestasi belajar siswa dikatakan baik jika siswa itu sendiri mempunyai keinginan atau kemauan untuk mau belajar agar bisa mencapai nilai yang baik, sedangkan prestasi belajar siswa dikatakan kurang baik jika siswa itu lebih meluangkan atau memanfaatkan waktunya hanya untuk bermain-main dari pada untuk belajar. Tingkat prestasi belajar seseorang dapat dilihat dengan cara melalui intelegensi (kemampuan) apakah selama proses kegiatan belajarnya di sekolah tersebut mendapatkan hasil nilai atau bobot.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena peneliti yang ingin meneliti sekolah SMA Negeri 1 Pademawu apakah kenakalan remaja di SMA Negeri 1 Pademawu memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Karena dari dulu sampai sekarang kenakalan remaja masih banyak diluar sana. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Tingkat kenakalan remaja siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Pademawu, 2) Tingkat prestasi belajar siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Pademawu, dan 3) Pengaruh kenakalan remaja terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Pademawu.
Metode dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Pademawu, dengan jumlah populasi 73 siswa dan jumlah sampel 42 siswa. Dalam penelitian ini peneliti meneliti siswa kelas XI IPS 1, IPS 2, dan XI IPS 3 dengan menggunakan random sampling. Untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket kenakalan remaja yang berjumlah 32 item dengan reliabilitas alpha (α) = 0, 847, sedangkan prestasi belajar menggunakan hasil nilai raport.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 1 Pademawu memiliki tingkat kenakalan remaja yang berada pada kategori rendah dengan nilai persentase 47,6% dengan frekuensi 20 siswa, kategori sedang yaitu 52,4% dengan frekuensi 22 siswa dan, untuk kategori tinggi tidak terdapat nilai persentase maupun frekuensi karena tidak ada siswa yang tingkat kenakalan remajanya berada pada kategori tinggi. 2). Siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pademawu memiliki tingkat prestasi belajar pada kategori sedang dengan nilai persentase 54% dengan frekuensi 23 siswa, pada kategori tinggi memiliki nilai persentase 26% dengan frekuensi 11 siswa, dan pada kategori rendah memiliki nilai persentse 19% dengan frekuensi 8 siswa. 3) Kenakalan remaja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai p = 0,029 (p < 0,05). Artinya faktor kenakalan remaja dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu 11% dan 89% ini dapat disebabkan oleh faktor yang lainnya.
Tidak tersedia versi lain