Text
Penerapan Model Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran E-learning, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan
Agama Islam.
Model pembelajaran E-learning adalah model pembelajaran yang modern
yang berkembang sejalan perkembangan teknologi yang sangat memudahkan para
guru untuk memberikan materi pelajaran kepada peserta didik, dengan melibatkan
lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu
pembelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran, serta
mempermudah guru dan siswa untuk mencari sumber belajar dari berbagai situs
informasi.
Terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana
penerapan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan. Kedua,
bagaimana peran guru dalam menerapkan model pembelajaran e-learning
terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK
Negeri 3 Pamekasan. Ketiga, bagaimana faktor pendukung dan penghambat
dalam menerapkan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan
data secara deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara terstruktur,
observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data ialah Kepala Sekolah,
Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa. Teknik analisis data ialah reduksi data,
penyajian data, kesimpulan atau verivikasi. Sementara teknik pengecekan
keabsahan datanya ialah ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: Pertama, Penerapan model
pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan ialah pelaksanaan model pembelajaran
e-learning selama ini sudah diterapkan di SMK Negeri 3 Pamekasan, hanya saja
tidak semua yang mana pembelajaran sekarang masuk secara bergantian yaitu
menggunakan absen ganjil-genap, yang mana pembelajaran daring akan
mempermudah siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Kedua, Peran guru
dalam menerapkan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan yaitu
terlihat dari menggunakan berbagai upaya yang sesuai dengan kompetensi
siswanya karena kemampuan siswa itu tidak sama. Untuk peran guru dalam
menerapkan model pembelajaran e-learning itu sudah berbagai macam, seperti
menggunakan google classroom, whatsapp dan pemberian materi serta tugas
secara daring. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan
model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa mata mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Pamekasan yaitu dari faktor
pendukungnya itu dari akses internet yang lancar dan mudah, mendapat paket
internet gratis dari pemerintah untuk mempermudah guru-guru dan siswa dalam
proses belajar mengajar. Untuk penghambatnya yaitu seperti jaringan yang tidak
memadai atau lemot juga dari siswa yang terkadang tidak mempunyai kuota dan
kurangnya interaksi langsung antara guru dan murid
Tidak tersedia versi lain