Text
Efektivitas Konseling Individual dengan Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Broken Home di SMK Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Konseling Individual, Rational Emotive Behaviour Therapy,
Komunikasi Interpersonal, Broken Home.
Seorang anak korban broken home akan mengalami tekanan mental yang
berat di lingkungannya. Misalnya, dia akan merasa malu dan minder terhadap
orang di sekitarnya karena kondisi orang tuanya yang sedang dalam keadaan
broken home. Disamping itu, akan menjadi gunjingan teman sekitar, proses
belajarnya juga terganggu karena pikirannya tidak terkonsentrasi. Anak itu akan
menjadi pendiam dan cenderung menjadi anak yang menyendiri dan anti-sosial.
Sehingga kemampuan interpersonal yang harusnya meningkat pada saat remaja
jadi tidak terealisasikan dengan maksimal.Maka dalam hal ini, layanan konseling
individual dengan pendekatan Rational emotive Behaviour Therapy diharapkan
mampu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa
broken home tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pokok permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama,apakah konseling
individual dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapyefektif dalam
meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa broken home di SMK
Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan?, kedua, seberapa
besar efektivitas konseling individual dengan pendekatan Rational Emotive
Behaviour Therapy dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal
siswa broken home di SMK Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan
Pamekasan?
Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Ekperimen. Peneliti
melaksanakan secara langsung penelitian dengan memberikan layanan konseling
individu dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy kepada
siswabroken home yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal
mereka. Sumber data yang diperoleh melalui hasil angket, observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK dan guru mata
pelajaran SMK Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, layanan konseling
individu dengan pendekatanRational Emotive Behaviour Therapyternyata efektif
meningkatkan keterampilan komunikasi siswabroken home di SMK Al-Huda
Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan, hal itu ditunjukkan
berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti kepada guru BK dan
guru mata pelajaran di SMK Al-Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan
Pamekasan di mana mereka menyatakan bahwa siswa broken home di SMK Al-
vi
Huda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan telah mengalami
peningkatan ketika berinteraksi dengan sesama. Kedua,efektivitas dari layanan
konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy
dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa broken home di SMK AlHuda Sumber Nangka Duko Timur Larangan Pamekasan menunjukkan hasil yang
signifikan yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05
maka ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pre-test dan post-test.Serta
ditunjukkan dengan nilai t hitung 15,052 lebih besar dari t tabel 2,776 , maka ada
pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).Hasil pengujian nilai
korelasi sebesar 0,928 hampir mendekati angka 1 yang artinya nilai tersebut
membuktikan adanya korelasi yang sangat kuat antara layanan konseling
individual dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapydalam
meningkatkan keterampilan komunikasi siswa broken home. Serta diketahui nilai
Sig. 0,023 yang diperoleh kurang dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang
bermakna pada skor keterampilan komunikasi yang dilihat dari nilai pre-test dan
post-test
Tidak tersedia versi lain